Berita

    Ketahui Tips Mudah agar Lolos Uji emisi pada Mobil

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah memberlakukan penerapan kebijakan uji emisi. Nantinya uji emisi wajib dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan. Jika pemilik kendaraan menolak, maka akan diberlakukan sanksi tilang.

    Meski begitu, Anda tidak perlu panik dan khawatir. Karena ada tips yang bisa Anda aplikasikan agar mobil anda selalu lolos pengujian emisi agar tidak terkena sanksi tilang.

    Cara agar Lolos Uji Emisi Mobil

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik mobil agar kendaraannya bisa lolos pengujian emisi. Berikut adalah cara-caranya.

            1. Rutin Melakukan Servis

    Perawatan adalah tips lolos uji emisi pertama dan tergolong paling ampuh. Servis rutinan akan membantu menjaga emisi gas buang dari mobil agar tetap terkendali.

    Servis rutinan biasanya meliputi berbagai perawatan sekaligus. Beberapa perawatan tersebut di antaranya seperti penggantian oli, membersihkan beberapa komponen mesin hingga tune up untuk meningkatkan performa mesin.

    Selain lolos uji emisi, manfaat lain yang bisa Anda dapatkan juga sangat besar, seperti menjaga performa mesin agar tetap prima.

            2. Rutin Melakukan Carbon Cleaning

    Semua jenis mobil yang menggunakan bensin maupun diesel berpotensi menghasilkan tumpukan carbon. Biasanya tumpukan tersebut akan muncul di bagian kepala silinder. Meski begitu hal ini termasuk wajar karena penggunaan maupun kondisi jalanan yang padat.

    Akan tetapi, menumpuknya lapisan karbon yang semakin padat akan berdampak negatif. Dampak negatifnya tidak hanya pada mesin saja juga pada emisi gas buang. Maka dari itu, lakukan carbon cleaning secara berkala.

    Untuk melakukan proses pembersihan carbon, silahkan Anda bawa mobil ke bengkel resmi terdekat. Proses pembersihan biasanya menggunakan sebuah cairan khusus. Harganya sendiri cukup beragam mulai dari Rp250.000-an.

    Perlu Anda ketahui, satu kali proses cleaning carbon ini bisa menjaga kondisi mesin ideal untuk satu tahun. Artinya Anda hanya perlu membersihkannya satu tahun sekali.

            3. Mengecek Bagian Knalpot Mobil

    Tips lolos uji emisi berikutnya yaitu selalu memperhatikan kondisi knalpot. Komponen ini merupakan saluran gas buang yang penting untuk diperhatikan agar lolos proses pengujian emisi.

    Knalpot adalah komponen yang menentukan performa mesin dan juga kadar emisi gas buang yang dihasilkan. Seiring dengan berjalannya waktu, komponen ini rentan bocor dan juga keropos.