Berita

    Featured Image

    Kelebihan Road Trip dengan Mobil dan Motor

    Road trip merupakan perjalanan via darat yang ditempuh dalam waktu dan jarak yang lama. Itu sebabnya, ada yang lebih senang jika berlibur menggunakan mobil dibandingkan motor dengan alasan agar tidak mudah capek. 

    Meskipun demikian, ada pula yang lebih menikmati perjalanan jauh apabila menggunakan motor. Tentunya masing-masing kendaraan memiliki keunggulan tersendiri. Apa saja? Berikut informasinya.    

    Perbandingan Road Trip dengan Menggunakan Mobil dan Motor

    Tiap kendaraan pasti memiliki keunggulan masing-masing saat digunakan untuk traveling. Berikut perbandingan keunggulan jika melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil dan motor. 

    • Bahan Bakar dan Biaya Parkir

    Berbicara tentang traveling, biaya merupakan pertimbangan utama ketika akan melakukan perjalanan jauh. Sebenarnya, setiap kendaraan memiliki keunggulan tersendiri dalam hal penghematan. 

    Jika traveling menggunakan motor, Anda bisa hemat dalam hal biaya bahan bakar dibandingkan dengan mobil. Selain itu, biaya parkir motor saat berhenti di suatu tempat juga jauh lebih murah. 

    • Akomodasi

    Jika dilihat dari segi akomodasi, bisa dibilang mobil jauh lebih hemat dibandingkan motor. Pasalnya, Anda bisa membawa perbekalan berupa makanan dan minuman dari rumah sehingga tidak perlu membeli lagi saat di perjalanan. 

    Berbeda dengan motor yang kapasitas penyimpanannya terbatas. Anda mungkin harus menyediakan dana lebih untuk biaya makan selama traveling

    Sedangkan dari segi biaya penginapan, mobil juga jauh lebih hemat dibandingkan motor. Memang, Anda bisa tidur menggunakan tenda baik saat bepergian jauh dengan motor maupun mobil. 

    Meskipun demikian, traveling dengan motor harus menyiapkan dana lebih untuk biaya penginapan. Berbeda dengan pengguna mobil yang bisa tidur di dalam mobil sehingga tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk menginap.  

    • Eksplorasi

    Dalam hal mengeksplorasi suatu tempat, antara motor dan mobil sama memiliki kebebasan tanpa batas. 

    Apalagi jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bebas menentukan tempat wisata dan lamanya singgah di suatu tempat karena tidak terikat jadwal dari biro perjalanan. 

    Meskipun demikian, road trip dengan menggunakan motor jauh lebih bebas dalam hal mengeksplorasi karena bisa memasuki jalanan sempit yang tidak bisa dilewati mobil. 

    • Waktu Tempuh

    Jika dilihat dari segi waktu tempuh, tentunya traveling menggunakan motor jauh lebih cepat jika dibandingkan menggunakan mobil. Pasalnya, dengan bodi yang kecil motor bisa lebih gesit dalam mengarungi kepadatan jalan raya. 

    Selain itu, motor juga lebih fleksibel karena bisa melalui berbagai medan mulai dari jalanan yang berkelok, sempit, hingga jalanan yang berbatu atau bergelombang.   

    • Perbekalan

    Dalam hal perbekalan, menggunakan mobil saat traveling tentunya jauh lebih nyaman dibandingkan motor. Sebab, Anda bisa membawa banyak barang dan dimasukkan ke bagasi mobil. 

    Sedangkan jika menggunakan motor Anda hanya bisa membawa barang yang benar-benar penting saja karena bagasinya yang terbatas. 

    • Keakraban

    Melakukan perjalanan jauh tentunya akan lebih menyenangkan jika bersama keluarga. Apabila menggunakan motor, interaksi bersama keluarga akan terbatas karena hanya bisa dilakukan ketika telah singgah di suatu tempat. 

    Berkomunikasi saat berkendara pun hanya terbatas pada penumpang yang ada dibelakang Anda saja. 

    Berbeda jika traveling menggunakan mobil, Anda bisa berinteraksi dengan pasangan, anak, kerabat, dan penumpang lainnya yang ada di dalam mobil. 

    Traveling dengan Motor atau Mobil, Anda tim Mana? 

    Pada dasarnya, melakukan perjalanan jauh baik menggunakan motor atau mobil akan terasa lebih bebas. Sebab, Anda tidak akan terikat dengan jadwal perjalanan dibandingkan jika bepergian dengan menggunakan biro perjalanan. 

    Tentunya, masing-masing kendaraan memiliki kelebihan tersendiri dan Anda bebas menentukan pilihan, apakah traveling dengan mobil atau lebih suka menggunakan motor. 

    Jika ingin berlibur hanya dengan pasangan atau ingin menuju ke tempat wisata yang lokasinya di pelosok, menggunakan motor mungkin akan terasa lebih nyaman. Namun jika berencana berlibur bersama keluarga besar, maka opsi terbaik adalah menggunakan mobil.