Berita

    Ketahui Cara Membuka Kap Mesin Mobil

    Bagi yang tidak terbiasa, membuka kap mesin mobil merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Komponen ini merupakan salah satu bagian yang penting bagi mobil karena berfungsi sebagai pelindung bagi komponen mesin. 

    Akan fatal akibatnya jika membuka kap mobil secara asal. Untuk itu, pahami bagaimana cara yang tepat dalam membuka kap mesin melalui informasi berikut ini. 

    Panduan Membuka Kap Mesin Mobil yang Tepat

    Ketika ingin mengecek kondisi mesin pada kendaraan, hal yang pertama kali dilakukan adalah membuka bagian kap mesin pada mobil. Ini merupakan ilmu dasar dalam pengecekan mobil yang wajib dipelajari oleh pemilik mobil.

    Sebab, di dalam kap mobil tersebut terdapat beberapa komponen penting yang bisa di cek secara mandiri. Misalnya, air wiper, kadar oli mesin, air radiator, kondisi aki, kadar minyak rem, dan lain sebagainya.   

    Itu sebabnya, kap mesin pada mobil harus dirawat sebaik mungkin agar bisa berfungsi secara optimal. Salah satunya adalah dengan mengetahui cara yang tepat dalam membuka kap mobil. Berikut panduannya. 

    • Tarik Tuas Penarik Kap Mesin di Dalam Mobil

    Panduan pertama untuk membuka kap mesin adalah mencari lokasi komponen tuas penarik yang ada di bagian dalam kendaraan. Umumnya, cara membuka kap mesin untuk setiap mobil hampir sama yaitu dengan cara menarik tuas tersebut. 

    Hanya saja, lokasi tuas penarik ini berbeda-beda di setiap kendaran. Sebagian besar lokasinya berada di bagian bawah dasbor yang dekat dengan kaki pengemudi. Sedangkan sebagian lagi berada di bagian bawah setir dan di bawah jok pengemudi. 

    Bentuk tuas penarik ini juga bervariasi mulai dari yang berbentuk bulat hingga yang bentuknya kotak, tergantung dari tipe mobil itu sendiri. Perlu diketahui, tuas ini agak keras saat ditarik. 

    Itu sebabnya, Anda harus mengerahkan sedikit tenaga untuk membukanya. Tanda bahwa kap mesin sudah terbuka adalah terdengar suara pengait yang lepas dari arah depan kap mobil. 

    • Buka Kap Mobil Saat Mesin Dingin

    Saat ingin membuka kap mesin mobil, pastikan kondisi mesin dalam kondisi dingin atau minimal tidak terlalu panas. Ini perlu diperhatikan agar tangan Anda tidak mengalami luka bakar ketika membuka kap mobil tersebut. 

    Anda bisa menggunakan kain bekas atau lap dengan cara menaruhnya di bagian depan ujung kap mesin agar tangan tetap terlindungi ketika ingin membuka kap mesin. 

    • Tarik Pengait Kap Mesin