Berita

    Tips Packing Barang untuk Mudik

    Mudik atau pulang kampung sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Waktu libur atau cuti bersama saat Idul Fitri yang cukup panjang dimanfaatkan banyak pekerja yang merantau di daerah lain untuk pulang ke kampung halaman.

    Setelah 2 tahun pemerintah melarang masyarakat untuk melakukan mudik atau pulang kampung di hari raya Idul Fitri karena pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, tahun ini kita diperbolehkan mudik meskipun dengan berbagai persyaratan.

    Kebijakan ini tentu menjadi kabar baik bagi banyak perantau yang ingin merayakan lebaran bersama orang tua dan keluarga di kampung halaman.

    Ketika mudik, packing atau menata barang bawaan menjadi urusan yang seringkali membuat repot. Kita harus membawa banyak barang yang kita perlukan selama berada di kampung halaman.

    Hal ini kadang membuat kita kesulitan saat mudik karena barang bawaan yang terlalu banyak. Oleh karena itu, kita harus pintar dalam mengatur barang bawaan.

    Berikut ini adalah 5 tips packing saat mudik

            1. Sesuaikan Jumlah Pakaian dan Waktu Mudik

    Saat hendak mudik, umumnya kita sudah memiliki rencana akan tinggal di kampung halaman selama berapa lama. Hal ini biasanya menyesuaikan dengan waktu libur yang kita miliki.

    Oleh karena itu, hendaknya kita juga bisa memperkirakan jumlah pakaian yang kita butuhkan. Jangan membawa terlalu banyak pakaian karena hal tersebut akan membuat barang bawaan kita lebih berat.

    Jika ada waktu, kita mungkin bisa mencuci dan menjemur pakaian kita selama di kampung halaman sehingga kita tidak perlu membawa pakaian terlalu banyak.

            2. Jangan Lupakan Peralatan Pribadi

    Jangan lupa membawa peralatan yang sifatnya pribadi atau peralatan yang hendaknya tidak digunakan secara bersama. Misalnya adalah sikat gigi dan handuk mandi. Hendaknya kita membawa barang-barang tersebut agar tidak kesulitan selama di kampung halaman.

            3. Utamakan Barang Multifungsi

    Utamakan barang yang memiliki lebih banyak fungsi dan kemungkinan lebih sering kita gunakan. Sebagai contoh, apabila kita sudah membawa smartphone berkamera, maka kita tidak perlu membawa kamera lagi.

    Hal ini perlu dilakukan agar kita tidak membawa barang yang tidak akan kita gunakan.

            4. Simpan Barang Sesuai Kategori

    Kategorikan barang bawaan kita. Kemudian tata atau simpan barang-barang tersebut sesuai kategorinya. Misalnya pakaian, peralatan mandi, dan lain sebagainya.