Berita

    Featured Image

    Ketahui Arti Kode Ban Mobil dan Cara Membacanya

    Ban atau roda memegang peranan penting pada sebuah kendaraan, salah satunya adalah mobil. Pemilik mobil harus bisa mengetahui kondisi ban apakah perlu diganti atau tidak. Terlebih masing-masing dari ban ternyata memiliki kode ban mobil yang juga harus diketahui oleh para pemilik kendaraan.

    Mungkin Anda juga sering bertanya-tanya bagaimana cara membaca kode tersebut. Apa arti dari masing-masing kode yang tertera pada ban? Yuk simak penjelasan berikut ini!

    Cara Membaca Kode Ban Mobil

            1. Huruf Pertama sebagai Prefix

    Kode awal yang terdapat pada ban mobil adalah 1 huruf berupa P, ST, LT atau T. Setiap mobil pasti memiliki satu diantara keempat huruf tersebut. Untuk mengartikannya, huruf pertama merupakan jenis mobil yang dapat menggunakan ban tersebut. Berikut adalah arti dari masing-masing kode pada huruf pertama:

    • Huruf P 

    Huruf P atau Passenger biasa digunakan pada jenis mobil penumpang, seperti MPV, SUV, dan City Car.

    • Huruf ST

    Kode ST atau Special Trailer diperuntukkan kendaraan roda empat yang termasuk ke dalam kendaraan besar trailer.

    • Huruf LT

    Kode LT atau Light Truck biasa digunakan pada kendaraan truk kecil dan sedang.

    • Huruf T

    Ban mobil dengan kode T atau Temporary tidak boleh digunakan secara bersamaan dengan ban yang lainnya karena termasuk ke dalam ban cadangan.

            2. Tiga Angka Pertama sebagai Tebal Ban

    Kode selanjutnya berupa tiga angka yang menandakan tebal ban dengan satuan milimeter (mm). Tentunya, pemilihan tebal ban harus disesuaikan dengan ukuran velg. 

    Sebagai contoh, jika kode ban mobil pada tiga angka pertama adalah 205, maka Anda dapat mengartikan bahwa ukuran ban tersebut adalah 205 mm.

            3. Dua Angka Selanjutnya sebagai Rasio Ban

    Rasio ban yang dimaksud pada kode dua angka setelah garis miring adalah rasio ketinggian ban dengan ketebalan ban. Kode ini dipahami dengan proporsi.

    Misalnya, kode yang tertera adalah 205/50, Anda dapat mengatakannya bahwa ketinggian ban tersebut pada pada rasio 50% dari 205.

            4. Huruf Kedua sebagai Rating Kecepatan

    Ban mobil yang didesain untuk menyesuaikan rating kecepatan yang dapat dilaju oleh mobil tersebut.

    Huruf B merupakan kode untuk kecepatan paling rendah yaitu 50 km/jam. Sedangkan huruf Z merupakan kode untuk kecepatan paling tinggi mencapai 300 km/jam.