Berita

    Ketahui 5 Tips Mengatur Sorot Lampu pada Mobil

    Sorot lampu mobil adalah jenis lampu pada kendaraan yang digunakan untuk memberikan cahaya kepada suatu objek atau area tertentu secara terang, fokus, dan tajam. Mengatur sorot lampu ini penting untuk dilakukan terutama saat mengendarai mobil di malam hari.

    Saat suasana malam, lampu sorot wajib dinyalakan agar Anda bisa berkendara dengan aman. Jika tidak menyalakan lampu ini, tentu bisa beresiko terhadap kecelakaan lalu lintas.

    Tips untuk Mengatur Sorot Lampu Mobil

    Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan pada malam hari, setidaknya wajib memahami terlebih dahulu bagaimana cara mengatur lampu sorot ini. Berikut 4 tips mengatur sorot lampu pada mobil yang perlu Anda ketahui.

    • Parkir Mobil di Tempat Rata dan Menghadap ke Tembok

    Tips pertama bisa Anda lakukan dengan memarkirkan kendaraan di area atau tempat yang rata. Pastikan mobil yang diparkirkan menghadap ke arah tembok dengan melihat ruangan tersebut tidak bercahaya agar bisa sorot lampu terlihat lebih jelas.

    Jika mobil Anda sudah parkir di tempat yang tepat, selanjutnya Anda bisa mengatur jarak kendaraan dengan tembok kurang lebih 7-7,5 meter. 

    Dalam hal ini, Anda juga perlu memastikan apakah setiap sisi kendaraan memiliki jarak ketinggian yang sama atau tidak.

    • Nyalakan Lampu Sorot dan Beri Tanda Arah Cahaya

    Jika kendaraan sudah diparkirkan ke arah yang tepat, selanjutnya nyalakan lampu sorot dan beri tanda arah cahaya melalui dua lampu yang berada di depan mobil. Ukur titik fokus cahaya dari arah sebelah kanan dan kiri.

    Jika Anda masih bingung cara memberikan tanda arah cahaya yang benar, Anda bisa menggunakan selotip hitam untuk ditempelkan ke tembok. 

    Pengaturan sorot lampu mobil ini memudahkan Anda untuk bisa mengukur apakah lampu sorot sebelah kanan dan kiri memiliki jarak ketinggian yang sama atau tidak.

    • Membuka Kap Mesin

    Jika hasil cara mengukur lampu sorot antara lampu kanan dan kiri berbeda, Anda bisa melakukan tips mengatur sorot lampu mobil dengan menentukan arah cahaya secara manual dengan membuka kap mesin pada mobil. 

    Perlu diketahui, bahwa pengaturan lampu sorot di setiap mobil ini berbeda-beda sehingga Anda perlu memahami bagaimana pengaturan lampu pada mobil. 

    Namun, mayoritas setiap kendaraan memiliki pengaturan lampu yang terletak di balik lampu depan. Anda bisa mencari pengaturan tersebut menggunakan bantuan senter terlebih jika dilakukan pada malam hari.

    • Atur Ketinggian Arah Cahaya