Berita

    Featured Image

    Suspensi Mobil Terasa Keras? Ini Cara Mengatasinya

    Suspensi mobil Anda keras alias tidak empuk? Berarti komponen suspensi sedang dalam masalah. Hal ini tentu menjengkelkan bagi para pemilik mobil karena mengganggu kenyamanan berkendara.

    Sebenarnya, apa yang membuat suspensi kendaraan Anda tidak empuk? Simak jawabannya di bawah ini beserta cara ampuh mengatasi suspensi yang keras pada kendaraan!

    7 Cara Jitu Mengatasi Suspensi Mobil Terasa Keras

    Komponen suspensi merupakan sistem yang terdiri dari gabungan berbagai komponen yang tugasnya mengontrol gerak roda mobil serta sebagai penyangga berat kendaraan. Fungsi utamanya adalah menstabilkan kendaraan dan memberikan kenyamanan mengemudi.

    Nah, jika komponen suspensi ini keras dan mengganggu kenyamanan berkendara, berarti ada masalah pada komponen satu ini. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

    • Rutin Lakukan Spooring & Balancing

    Cara pertama adalah rutin lakukan spooring & balancing, yang mana cara ini berarti Anda menyesuaikan sudut roda sekaligus komponen suspensi kendaraan Anda.

    Apabila Anda secara rutin melakukan hal ini, maka komponen suspensi serta roda mobil akan bekerja optimal. Nantinya, ini akan berpengaruh pada kestabilan, kenyamanan, dan keamanan dalam berkendara.

    • Bersihkan Bagian Suspensi

    Membersihkan bagian suspensi dapat mengatasi masalah suspensi keras dan tidak empuk. Adanya kotoran dan kerak pada suspensi akan memengaruhi gerakan dan membuatnya jadi kaku.

    Anda dapat membersihkan bagian suspensi dengan pembersih yang cocok untuk membersihkan bagian suspensi. Hindari membersihkan dengan jet air karena bisa memperparah kondisi suspensi.

    • Pastikan Tekanan Angin Ban Pas

    Kondisi suspensi yang keras juga bisa dipengaruhi oleh tekanan angin ban yang tidak pas. Tekanan angin ban terlalu keras akan menyebabkan suspensi menjadi tidak empuk ketika berkendara.

    Lalu, jika tekanan angin ban rendah, mobil akan berat untuk dikendarai dan hal ini juga memengaruhi kinerja suspensi. Anda dapat mengatur tekanan angin ban dengan pas agar mobil dapat berjalan dengan baik.

    • Hindari Membawa Beban Terlalu Berat

    Suspensi mobil yang keras dapat diakibatkan beban yang terlalu berat pada mobil yang Anda bawa. 

    Maka, sebaiknya Anda membawa beban yang sudah ditetapkan oleh produsen mobil. Jangan membawa beban terlalu berat karena hal ini tidak hanya memengaruhi komponen suspensi.

    Membawa beban terlalu berat di dalam mobil juga bisa membuat kaki-kaki mobil harus bekerja keras. Apabila hal ini dilakukan terus menerus, akan merusak komponen-komponen tersebut.

    • Kurangi Kecepatan saat di Jalan Berlubang

    Terkadang, Anda tidak dapat mengontrol kecepatan dan ketika ada jalan berlubang menjadi sulit dihindari. Agar suspensi kendaraan dapat tetap awet dan empuk, Anda dapat menghindari jalan berlubang.

    Lalu, mengemudilah dengan kecepatan normal dan tidak mengebut di jalan. Hati-hati dalam mengemudi dapat berpengaruh pula pada kondisi berbagai komponen mesin mobil.

    • Ganti Komponen Suspensi

    Suspensi kendaraan yang keras dan mengganggu kenyamanan berkendara juga dapat disebabkan oleh usia mobil. Biasanya, mobil yang telah digunakan bertahun-tahun akan berkurang kinerja berbagai komponennya.

    Jika hal ini terjadi, satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya adalah mengganti komponen tersebut. Komponen suspensi yang bisa diganti adalah peredam kejut, bushing, dan per.

    • Lakukan Servis Berkala

    Cara terakhir untuk mengatasi kondisi suspensi kendaraan yang keras dan tidak kalah penting adalah melakukan servis secara berkala. Keuntungan rutin melakukan servis mobil adalah berbagai komponen mobil dapat lebih terawat dan bisa berfungsi optimal lagi.

    Rutin lakukan servis juga dapat mendeteksi masalah pada komponen mobil yang rusak sejak awal dan langsung diperbaiki. Jadi, tidak perlu menunggu masalah kerusakan semakin parah terlebih dulu.