Berita

    Trik Mengemudi di Jalan Menanjak

    Setiap pengendara pasti sudah pernah mengalami situasi mengendarai mobil di jalan yang menanjak. Tentunya  situasi tersebut akan terasa melelahkan, membutuhkan konsentrasi yang tinggi serta kehati-hatian agar mobil tidak bermasalah dan keamanan tetap terjaga.

    Apalagi, banyak sekali kejadian kerusakan mobil hingga kecelakaan yang terjadi di jalanan menanjak. Mulai dari mobil tergelincir, hingga terguling. Mengerikan bukan?

    Nah, untuk menghindari hal tersebut, silakan simak tips mengemudikan mobil di jalan menanjak yang mungkin akan kamu lewati di perjalanan mudik nanti dibawah ini :

            1. Kurangi teknik setengah kopling

    Bila kalian berada dalam kemacetan di jalan yang menanjak, sebaiknya hindari terlalu banyak teknik ini. Pasalnya, hal itu bakal membebani kerja kopling mobil dan bisa menyebabkan kampas aus.

    Gunakan saja gigi satu atau dua dengan selalu bersiaga untuk menarik tuas rem tangan. Hal itu bisa lebih baik untuk mobil dan keamanan kamu. Pengemudi juga tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menahan pedal gas dan kopling.

    Teknik menahan pedal kopling dan gas untuk tetap bisa menanjak ini sebenarnya sesekali bisa kalian lakukan, namun tidak untuk jangka panjang ya.

            2. Utamakan  Rem Tangan

    Seringkali hal ini tidak diperhatikan oleh para pengemudi dan cenderung di sepelekan. Pada saat melewati jalan menanjak, pengemudi akan memilih menggunakan rem pedal. Hal itu sangatlah berisiko bagi pengemudi dan orang lain, terutama kendaraan yang berada di belakang mobil.

    Pasalnya, terdapat kemungkinan mobil mundur ketika pedal rem dilepas, apalagi jika tarikan mobil hilang saat pedal rem dilepas.

    Maka dari itu, selalu biasakan menggunakan rem tangan saat melalui jalan yang menanjak. Rem tangan mampu menahan laju kendaraan secara merata dan lebih baik.

            3. Cermati Jenis Persneling

    Bagi pengemudi mobil bertransmisi matik, maka sebaiknya mencermati jenis persneling mobil. Ada perbedaan jenis persneling di mobil matik, ada yang mempunyai jenis persneling D1, D2, sampai D3 atau hanya D atau L saja.

    Untuk diketahui, hal tersebut akan berguna ketika kamu memasuki tanjakan. Gunakan D1 atau D2 dan lambang L ketika memasuki jalan tanjakan. Karena mobil matik tidak memiliki kopling, cukup memainkan rem tangan atau rem kaki saja.

    Sebenarnya saat mengemudi di jalan menanjak yang paling diperlukan adalah konsentrasi, jangan sampai hilang fokus dan hal buruk menimpa kamu ya. Semoga trik diatas bisa membantu kamu untuk dapat melewati jalan menanjak dengan mudah.