Berita

    Featured Image

    Ingin Mengganti Kaca Mobil? Ini Rincian Biayanya di 2024

    Sebagai sebuah perawatan yang seharusnya dilakukan secara berkala, terdapat biaya mengganti kaca mobil yang penting untuk diketahui oleh Anda semua, terutama biaya di tahun 2024 ini.

    Guna keselamatan dan kenyamanan saat berkendara, dengan mengganti kaca mobil, penglihatan dan fokus Anda akan tetap baik karena kondisi jendelanya jelas dan bersih.

    Berbicara lebih lanjut terkait hal ini, mari simak penjelasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

    Perkiraan Biaya Mengganti Kaca Mobil

    Seperti yang sudah banyak orang ketahui, perawatan mobil salah satunya mengganti jendela mobil pastinya membutuhkan biaya yang besar.

    Biayanya pun juga bervariasi tergantung jenis kaca yang akan dipilih serta jendela mana saja yang ingin diganti.

    Jika berdasarkan posisinya, umumnya kaca bagian depan akan dibanderol dengan harga sebesar Rp 1 Juta.

    Untuk jendela bagian belakang serta samping kanan dan kiri, umumnya dapat dibanderol dengan harga sebesar Rp 1 Juta hingga Rp 3,5 juta tergantung paket yang dipilih.

    Biaya ini pun juga memperhatikan merek mobil apa yang digunakan serta pilihan jenis kaca yang akan dipasangkan.

    Jenis kaca tersebut terbagi menjadi tiga, yakni Tempered, Partially Tempered, dan Laminated.

    Tempered adalah kaca mobil yang punya kekuatan 3 kali lebih kuat dari kaca model lainnya, umumnya digunakan untuk bagian samping dan belakang mobil, teksturnya sangat keras sehingga kuat ketika terhantam keras oleh benda tumpul.

    Partially Tempered adalah kaca mobil yang kurang lebih sama seperti tempered namun kadar pendinginan sedikit dikurangi di bagian tengahnya.

    Tujuannya adalah supaya saat kaca pecah, sisi tengah tidak sampai hancur berkeping-keping.

    Laminated adalah jenis kaca mobil yang paling sering digunakan pada jendela bagian depan kendaraan tersebut.

    Pada jenis kaca ini, biasanya kalau pecah ia tidak langsung berhamburan sehingga tidak membahayakan orang di dalam mobil secara langsung ketika jendela pecah.

    Walau terlihat kokoh, kalau jendela ini sudah retak maka akan langsung menjalar ke seluruh bagian.

    Usai membahas terkait jenis kaca mobil, dalam penggantian kaca mobil umumnya terdapat juga biaya pemasangan, yakni sekitar Rp 600 ribu.

    Prosedur Mengganti Kaca Mobil

    Setelah berbicara tentang biaya dan jenis kaca mobil, terdapat pula prosedur penggantian yang dapat menjadi informasi tambahan bagi Anda.

    Prosedur penggantian itu mulai dari menemukan bengkel yang berkualitas dan jikalau bisa, lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda.

    Usai menemukan bengkel, Anda bisa mulai memilih jenis kaca hingga jendela bagian mana saja yang ingin digantikan.

    Hal ini juga ditambahkan dengan memilih tingkat kegelapan dari kaca yang akan Anda gunakan nantinya yang mana opsi terbaik untuk saat ini adalah kaca dengan tingkat kegelapan sebesar 20% - 40%. 

    Sesudah semua itu, Anda hanya tinggal menunggu untuk penggantian kaca yang dilakukan oleh petugas bengkel.

    Jika jendela ukurannya tidak terlalu besar, Anda perlu menunggu 2-3 jam. Namun jika jendela berukuran besar, Anda perlu menunggu 3-4 jam lamanya. 

    Tips Memilih Layanan untuk Ganti Kaca Mobil yang Tepat

    Dikarenakan biaya mengganti kaca mobil tidaklah murah, maka memilih bengkel yang terpercaya adalah hal yang sangat krusial bagi Anda.

    Oleh itu, saat memilih bengkel, pastikan mereka menggunakan suku cadang asli dan peralatan yang sudah memenuhi standar demi mendapatkan layanan yang terbaik.

    Nah jika Anda adalah pengendara mobil Suzuki, alangkah lebih baik untuk langsung ke bengkel asli Suzuki saja karena sudah pasti terbukti kualitasnya.