Berita

    Featured Image

    Tips Cerdas dalam Menggunakan Layanan Bengkel Resmi

    Sebagai pemilik mobil, tentu Anda sudah sering sekali berkunjung ke bengkel baik untuk melakukan perbaikan atau servis mobil secara berkala. Supaya Anda mendapatkan hasil servis terbaik, berikut ada beberapa tips servis mobil di bengkel resmi yang bisa Anda coba.

    Ada beberapa layanan yang biasa ditawarkan oleh bengkel resmi seperti perbaikan, penggantian suku cadang, servis berkala sampai layanan darurat. Anda harus bisa memanfaatkan layanan bengkel dengan maksimal supaya mendapat hasil perawatan terbaik.

    Tips Servis Mobil secara Maksimal di Bengkel Resmi

    Terdapat beberapa tips cerdas memanfaatkan layanan bengkel yang bisa Anda lakukan. Inilah daftarnya:

    • Memahami dan Memanfaatkan Garansi

    Servis berkala merupakan hal yang wajib dilakukan oleh pemilik mobil untuk menjaga agar kondisi mobil selalu prima. Anda disarankan untuk melakukan perawatan berkala di bengkel resmi.

    Banyak pemilik mobil yang enggan melakukan perawatan berkala di bengkel resmi karena biaya perawatan yang lebih mahal dari bengkel non resmi.

    Padahal ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan perawatan di bengkel resmi.

    Memahami dan Memanfaatkan GaransiFreepik.com

    Salah satu kelebihan melakukan servis di bengkel resmi adalah adanya garansi apalagi jika mobil Anda tergolong baru. Terdapat 2 jenis garansi yang bisa Anda klaim saat membeli mobil baru yaitu warranty dan garansi mobil.

    Warranty sendiri merupakan jaminan yang diberikan oleh produsen untuk memperbaiki kerusakan kendaraan secara cuma-cuma. Masa berlaku garansi ini adalah sesuai yang tercantum pada buku servis.

    Untuk bisa mengklaim warranty maka Anda perlu menyimpan bukti servis berkala. Adapun garansi mobil adalah jaminan atas perbaikan atau servis yang berlaku 14 hari setelah servis dilakukan.

    Dalam tips servis mobil, apabila Anda mendapati adanya kerusakan selama masa garansi maka Anda bisa mendapatkan perbaikan tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

    Selain itu, biasanya bengkel resmi juga menyediakan servis gratis khusus untuk Anda yang memiliki mobil baru dan belum pernah melakukan servis.

    • Pentingnya Meminta Penjelasan Detail dari Teknisi

    Saat melakukan servis atau perbaikan, jangan ragu untuk meminta penjelasan secara detail kepada teknisi mengenai proses perbaikan yang sedang dilakukan. Hal tersebut bisa meyakinkan Anda jika teknisi melakukan tugasnya dengan baik.

    Penjelasan tersebut juga akan membuat Anda lebih paham akan solusi yang harus diambil ketika terjadi kerusakan yang sama di lain hari.

    Anda juga bisa meminta penjelasan dan bukti pengganti suku cadang yang dilakukan oleh teknisi untuk memastikan jika suku cadang yang digunakan asli. 

    • Mempersiapkan Mobil sebelum Dibawa ke Bengkel

    Tips servis mobil berikutnya yaitu sebelum membawa mobil untuk diservis ke bengkel, ada beberapa hal yang bisa Anda persiapkan terlebih dahulu.

    Pertama yaitu mengecek kondisi mobil secara keseluruhan untuk memastikan komponen yang masih dalam kondisi baik seperti AC, ban, dan sebagainya. Kemudian catat komponen mobil yang dirasa bermasalah dan perlu diperbaiki teknisi. 

    Serta jangan lupa untuk mengecek catatan servis terakhir yang pernah dilakukan. Hal tersebut akan menjadikan servis dilakukan sesuai dengan kebutuhan. 

    • Memeriksa Hasil Perbaikan atau Perawatan 

    Terakhir, periksa kembali hasil perbaikan atau servis yang dilakukan oleh bengkel resmi. Seperti yang sudah disebutkan di atas, biasanya bengkel resmi menyediakan garansi. 

    Apabila dalam masa garansi ditemukan kerusakan kembali maka perbaikan bisa dilakukan secara gratis.

    Itulah beberapa tips servis mobil di bengkel resmi yang bisa Anda coba lakukan. Dengan tips servis yang tepat, maka hasil perawatan akan lebih maksimal.