Berita

    Tips Ampuh: Mengatasi Ban Mobil Kempes

    Ban mobil kempes merupakan suatu hal yang sering kali terjadi tanpa prediksi, hal ini sering kali membuat para pengendara panik apalagi saat kempes secara mendadak. Selain itu, ban yang mendadak kempes dapat menghambat perjalanan. 

    Beberapa hal yang menyebabkan kempesnya ban adalah terkena benda tajam, bekas tambalan ban yang tidak sempurna, jalanan lintas yang kurang baik, adanya retakan pada ban mobil serta masalah-masalah lainnya. 

    Sebagai pengemudi Anda harus paham bagaimana mengatasi ban mobil yang kempes serta cara menggantinya dengan ban cadangan secara aman dan efisien. Artikel ini akan membahas hal tersebut, maka jangan lewatkan informasi berikut!

    Tips Mengatasi Ban Mobil Kempes Secara Tiba-Tiba

    Terdapat beberapa cara menyiasati mobil kempes yang tiba-tiba terjadi saat berkendara. Berikut adalah poin-poin informasinya:

    • Mencari Tempat Berhenti 

    Saat ban kempes secara tiba-tiba, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menepi ke tempat yang aman dan berhenti. Hal ini harus kalian lakukan agar Anda dapat mengganti ban dengan aman serta tidak mengganggu pengendara lainnya. 

    • Menyiapkan Peralatan 

    Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan peralatan, mulai dari mengambil ban cadangan, dongkrak, serta kunci ban. 

    Sebaiknya saat menyiapkan perlengkapan, Anda harus memastikan peralatan yang dibutuhkan lengkap pada satu tempat yang mudah dijangkau. Dengan begitu, Anda tidak perlu bolak-balik untuk mengambilnya. 

    • Pastikan Kendaraan dalam Keadaan Terkunci 

    Mengunci kendaraan saat mengganti ban perlu Anda lakukan agar barang-barang di dalam mobil tetap aman, sehingga Anda dapat leluasa mengganti ban tanpa khawatir akan terjadi hal yang buruk seperti pencurian barang. 

    • Mengendurkan Baut 

    Setelah dirasa peralatan dan mobil telah aman, hal pertama yang harus Anda lakukan saat mengganti ban mobil adalah mengendurkan baut dengan cara memutarnya menggunakan obeng berlawanan dengan jarum jam. 

    • Memasang Dongkrak 

    Selanjutnya, pasang dongkrak di dekat ban mobil yang kempes. Anda harus memastikan bahwa dongkrak dipasang pada permukaan yang kokoh serta dalam posisi tegak lurus dengan posisi mobil yang akan diganti. 

    Pemasangan dongkrak yang kurang tepat dapat menyulitkan Anda saat proses pencopotan baut pada mobil. Jadi pastikan Anda memasang dongkrak dengan tepat. 

    • Melepas Baut pada Ban Mobil