Berita

    Mengenal Istilah OFFSET & PCD Velg Mobil

    Menyesuaikan perjalanan Anda dengan modifikasi velg dan ban sendiri tentu merupakan cara yang menyenangkan. Namun, agar hasilnya bagus, ada baiknya jika Anda juga mengetahui lebih detail mengenai istilah PCD velg mobil atau Offset pada velg mobil sebelum melakukan penggantian di bengkel kesayangan. 

    Apa sih maksud dari dua istilah itu? Mari kenali lebih jauh dalam ulasan ini. 

    PCD, Apa Sih Itu?

    Istilah PCD mengacu pada “Pitch Circle Diameter”, merupakan cara yang berguna untuk mengetahui bagaimana cara memasang roda yang berbeda ke mobil. Sebagian besar mobil memiliki diameter lingkaran pitch 4 x 100, yang perlu diukur dalam milimeter hingga angka yang paling tepat. 

    Beberapa PCD dapat memperpanjang diameter hingga 130 milimeter untuk mobil yang lebih besar, serta beradaptasi untuk menggunakan 5 stud daripada 4. Ini harus dilihat sebagai menunjukkan jarak diameter stud dari titik tengah roda, dengan informasi yang disediakan oleh produsen untuk dimensi yang tepat.

    Cara Terbaik Mengukur PCD

    Sebenarnya mengukur PCD relatif sederhana. Anda perlu mengukur antara pusat kancing yang berlawanan, yang biasanya akan menghasilkan angka seperti 100mm. Sementara sebagian besar PCD akan mengikuti aturan ini, biasanya ada baiknya mengukur angka yang tepat. Penyimpangan dapat mengakibatkan roda yang tidak pas, yang akan menghabiskan banyak waktu dan uang untuk penyesuaian. 

    Ada beberapa pengecualian untuk pengukuran, terutama ketika berurusan dengan tiga atau lima bagian bertabur. Dalam hal ini, Anda dapat mengukur diameter lubang tengah, dan jarak dari tepi lubang tengah ke pusat stud apa pun. Untuk persamaan ini, Anda menambahkan diameter ke jarak stud tengah, dan kemudian menggandakan angka terakhir.

    Offset Velg Mobil, Apa Itu?

    Offset berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Ketika Anda memasang offset pada velg mobil dengan tepat, maka tidak akan ada gesekan antara rem, suspensi, dengan bodi kendaraan seperti bumper, spakbor, dan penutup lumpur. Stabilitas kendaraan akan tetap terjaga dan hasilnya, perjalanan akan lebih aman dan nyaman. 

    Offset mengacu pada bagaimana roda dan ban mobil atau truk dipasang dan duduk di lubang roda dengan benar dan tepat. Ada istilah-istilah yang berhubungan dengan offset ini, di antaranya: 

    • Zero wheel offset (Offset roda nol) adalah ketika permukaan pemasangan hub sejajar dengan garis tengah roda.
    • Positive wheel offset (Offset roda positif) adalah ketika permukaan pemasangan hub berada di depan (lebih ke sisi jalan) dari garis tengah roda. Sebagian besar roda pada mobil penggerak roda depan dan kendaraan penggerak belakang yang lebih baru memiliki offset positif.
    • Negative offset (Offset negatif) adalah ketika permukaan pemasangan hub berada di belakang garis tengah roda. Roda “piringan dalam” biasanya merupakan offset negatif.