Berita

    Memahami Ground Clearance pada Mobil? Fungsi dan Kegunaannya

    Tiap kendaraan roda empat mempunyai standar ground clearance masing-masing yang dapat mempengaruhi performanya. Tingkatannya dapat menjamin stabilitas saat Anda mengemudi di jalanan yang berbeda-beda. 

    Untuk itu, dalam uraian ini, akan dibahas mengenai pengertian serta fungsi dari komponen tersebut. Jangan lewatkan pembahasan berikut!

    Apa itu Ground Clearance Mobil?

    Ini adalah jarak secara vertikal antara titik bawah kendaraan dari sasis dengan tanah. Istilah awamnya, jarak ketinggian yang dapat diukur antara tanah sampai ke bagian bawah mobil. 

    Masing-masing tipe mobil memiliki standar titik terendah dengan tanah yang berbeda-beda. Ada yang rendah, ada pula yang tinggi. Tipe ini akan mempengaruhi stabilitas kendaraan ketika berada di medan terjal atau jalanan yang banyak polisi tidurnya. 

    Cara Mengukur Clearance Tanah

    Adapun cara yang tepat untuk mengukur jarak terendah komponen kendaraan roda empat dengan tanah ialah sebagai berikut: 

    • Gunakan alat pengukur yang memiliki satuan inci dan milimeter untuk mengukur. 

    • Kenali bagian terendah dari undercarriage mobil kesayangan. 

    • Pastikan kondisi ban sudah terisi angin dan beban di antara keempat roda sudah didistribusikan dengan merata. 

    • Gunakan alat pengukur untuk mulai mengukur jarak antara tanah dengan undercarriage mobil. 

    • Lakukan langkah nomor empat di beberapa titik untuk mendapatkan nilai akurat yang konsisten. 

    Ketahui Fungsi dari Clearance Tanah

    Jarak terendah antara komponen dengan tanah begitu penting. Adapun fungsinya yakni dijelaskan pada poin-poin berikut:

    • Menghindarkan Mesin Mobil dari Masuknya Air

    Ukuran ground clearance yang rendah dapat membuat air mudah masuk ke dalam mesin mobil melalui sistem pelumasan atau filter saat melewati jalanan yang terendam banjir. Bila sudah ada air masuk, mesin bisa mati dan merusak komponen lainnya. 

    Ketika melewati daerah banjir atau saat harus menerjang jalanan berarus tinggi, kemungkinan untuk knalpot kemarin air akan lebih tinggi daripada mobil yang ukuran clearance tanah tinggi. 

    Bila mesin atau knalpot sudah mulai rusak karena air, biaya untuk perbaikannya tidak murah sebab ada komponen yang harus diganti seperti piston. 

    • Nyaman Melewati Beberapa Jenis Medan Jalan

    Tinggi rendahnya clearance tanah mempengaruhi kenyamanan penumpang saat melewati medan yang rata maupun berkerikil. 

    Semakin tinggi jaraknya dengan tanah, akan semakin nyaman ketika harus berkendara di jalanan berkerikil tajam. Ini umumnya ada di mobil bertipe SUV. 

    Mobil juga akan lebih fleksibel dalam bergerak di berbagai medan. Komponen mobil akan lebih awet dan tidak mudah aus. Sebab, tidak ada benturan keras antara mobil dengan medan yang dilalui. 

    tinggi rendahnya clearance

    Freepik.com

    Contoh Ukuran Clearance Tanah di Mobil

    Standard clearance tanah menyesuaikan dengan tujuan dan jenis dari kendaraan tersebut dibuat. Karena itu, ukurannya pun akan berbeda antara satu jenis mobil dengan jenis lainnya. Sebagai contoh, berikut rata-rata ukuran clearance tanah:

    • Mobil Sedan dan Hatchback

    Ukuran clearance tanah dari kedua tipe mobil ini berkisar di antara 120 mm - 180 mm. Tujuannya, untuk meningkatkan manuver kendaraan di jalanan beraspal. Sehingga cocok untuk berkendara di area kota. 

    • SUV

    Agar dapat mengatasi medan kasar serta memberikan kenyamanan pada penumpang saat off-road, mobil tipe SUV memiliki rata-rata ukuran clearance tanah 200 mm - 250 mm. 

    • Crossover 

    Mobil tipe ini merupakan perpaduan antara sedan tradisional dengan SUV yang memiliki clearance tanah di angka 160 mm - 200 mm. 

    Jadi, sudah memahami pengertian dan pentingnya fungsi dari ground clearance? Tinggi rendahnya ukuran clearance tanah menjadi bahan pertimbangan utama Anda saat hendak membeli mobil. 

    Pastikan Anda membeli kendaraan roda empat di dealer resmi suzukitrada.co.id sesuai kebutuhan dan daerah tempat tinggal. Jangan sampai salah memilih yang akhirnya mobil jadi mudah rusak dan membuat rugi baik dari sisi biaya maupun waktu.