Berita

    Ketahui Tips Agar Tidak Mabuk Kendaraan di Perjalanan

    Mabuk di perjalanan bukan situasi yang membahayakan, tetapi akan sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Terutama jika Anda bepergian jauh, membuat Anda diam di dalam mobil dengan posisi yang sama dalam waktu yang cukup lama.

    Mabuk perjalanan atau disebut juga motion sickness (car sickness), terjadi ketika otak menerima informasi yang bertentang dari telinga bagian dalam, penglihatan, otot, dan saraf persendian. 

    Misalnya Anda duduk di dalam mobil namun tidak melihat ke luar jendela mobil. Atau membaca buku dan melihat handphone selama di perjalanan. Telinga bagian dalam merasakan gerakan, tetapi mata dan tubuh Anda tidak. Akhirnya Anda merasa mual, berkeringat dingin, kehilangan nafsu makan, letih sampai bisa muntah.

    Selain itu mabuk di perjalanan juga bisa dikarenakan oleh pengaruh hormone. Umumnya terjadi pada wanita hamil. Kemudian bisa juga diakibatkan oleh mencium bau yang sangat tajam. Bisa dari pewangi mobil yang harumnya terlalu menyengat atau bau tidak enak lain yang membuat Anda jadi merasa mual dan pusing.  

    Tips Agar Tidak Mabuk di Perjalanan

    Mabuk perjalan bisa dibuat reda atau hilang sama sekali dengan melakukan beberapa tips di bawah. Coba lakukan hal-hal di bawah dan temukan mana yang paling ampuh menghilangkan mabuk di perjalanan, bagi Anda:

    • Tidur Selama Perjalanan

    Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah tidur selama di perjalanan. Ketika badan Anda mulai terasa tidak anak, sebaiknya istirahatkan dengan cara tidur. Sebab selama tidur Anda tidak akan menerima sinyal apapun yang sebelumnya membuat Anda merasa mabuk. 

    • Makan yang Cukup Sebelum Bepergian

    Pastikan Anda makan dengan cukup sebelum pergi jauh. Perut yang kosong membuat Anda mudah masuk angin. Namun jangan makan terlalu kenyang juga. Justru perut yang penuh akan membuat Anda mual dan akhirnya muntah karena terpengaruh goncangan selama di jalan. Terlebih jika Anda melalui jalanan rusak atau konturnya tidak rusak. 

    • Minum Obat Anti Mabuk

    Cara ampuh lain yang bisa kamu coba yaitu dengan minum obat anti mabuk 1-2 jam sebelum naik kendaraan. Obat terbukti efektif mencegah Anda merasa mual selama di perjalanan dan membuat Anda mengantuk sehingga lebih mudah untuk tidur.

    • Perbanyak Minum Air Mineral

    Jaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan minum air mineral selama di perjalanan. Pastikan Anda sudah menyiapkan botol air mineral di dalam mobil. Jadi jika sewaktu-waktu Anda haus atau merasa pusing, Anda bisa langsung minum air mineral.

    • Makan Camilan