Berita

    Ketahui Cara Memasang Alarm Mundur Pada Mobil

    Alarm mundur mobil memang menjadi fitur yang sangat berguna dan menambah kenyamanan serta keselamatan dalam berkendara. Namun sayangnya sensor alarm tersebut belum tersedia pada mobil keluaran lama. Namun, Anda dapat melakukan pemasangan pada mobil Anda. 

    Selain bisa dilakukan di bengkel, Anda bisa juga memasangnya secara mandiri di rumah. Kami akan membagikan cara untuk melakukan pemasangan sensor alarm mobil di bawah ini!

    Begini Cara Memasang Alarm Mundur Mobil

    Alarm atau sensor guna memundurkan mobil akan memudahkan Anda dalam melakukan parkir. Sebab Anda dapat mendeteksi objek lain yang berada di belakang kendaraan Anda dengan mudah. Sehingga bisa meminimalisir adanya benturan atau tabrakan. 

    Khususnya bagi Anda yang masih belum begitu mahir dalam mengemudi. Alat yang satu ini tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda. Simak cara pasangnya di sini!

    • Mencari Alarm yang Cocok

    Sebelum melakukan pembelian alarm mobil, ada baiknya Anda melakukan konsultasi kepada penjual. Alarm seperti apa yang cocok untuk kendaraan Anda. Perlu dipahami bahwa ketika Anda sudah komitmen ingin lakukan pemasangan alarm sendiri maka kami menyimpulkan bahwa Anda memang sudah khatam akan kelistrikan pada mobil. 

    Kami sarankan untuk memilih alarm mundur mobil yang sesuai budget Anda, berikut juga dengan jenis alarm sebaiknya memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada umumnya, ketika Anda melakukan pembelian paket central lock dan alarm, akan terdapat beberapa komponen pendukung yang disertakan.

    Komponen-komponen tersebut diantaranya adalah empat batang penarik dan pendorong, 4 lock actuator serta set kabel dan empat pintu. Tak ketinggalan ada satu central lock module dilengkapi dengan delapan konektor. Jangan sampai komponen yang Anda terima kurang atau tidak komplit sebagaimana disebutkan barusan.

    • Pemasangan Actuator dan Modul

    Sebelum melakukan pemasangan, Anda membutuhkan pengeboran pada sisi dalam pintu untuk menempatkan actuator. Dalam pemasangan komponen tersebut, pastikan kabel-kabelnya seperti 5 buah kabel hitam, putih, coklat, biru serta hijau wajib terletak di pintu utama di sisi roda kemudi. 

    Sementara itu, untuk lock actuator dengan kabel hijau dan biru ditempatkan pada bagian lain dari pintu mobil. Selanjutnya, Anda bisa memasang central lock beserta kabel bawaannya di modul lock actuator. Agar posisinya aman, letakkan modul central lock di bawah dashboard.