Berita

    Ketahui Cara Baca Kode Sekring Mobil

    Bila mengalami masalah kelistrikan kendaraan seperti mobil, kita harus memahami masalahnya secara maksimal. Sekring menjadi salah satu komponen yang penting diperhatikan. Seperti yang kita ketahui, ada begitu banyak kode sekring mobil. 

    Berbagai kode pada sekring mobil ini sangat penting diketahui. Umumnya, masalah kelistrikan yang terjadi adalah sekring putus, sehingga kita harus membawanya ke bengkel maupun memperbaikinya sendiri. Sebelum memperbaiki sekring, kenali cara untuk membaca kode sekring ini dengan baik. 

    Pengertian Kode Sekring Mobil

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sekring menjadi komponen utama kelistrikan pada kendaraan dan berguna untuk mengalirkan daya listrik pada perangkat elektronik yang berada di dalam mobil. 

    Di sekring mobil, Anda akan melihat berbagai kode tertentu dan menunjukkan besarnya daya serta komponen arus listrik yang mengalir. Kode sekring mempunyai arti yang berbeda-beda sesuai dengan keberadaannya. 

    Contohnya saja di kabin serta ruang mesin. Untuk membaca kode sekring, pengemudi harus mempelajarinya dengan baik, karena sistem kelistrikan yang berada di dalam mobil begitu kompleks. 

    Kode Sekring Mobil di Kabin

    Umumnya, kode sekring ini berada di kabin bagian bawah kemudi dan memiliki bentuk kotak kecil. Bila Anda melihat secara mendetail bagian ini, akan ada berbagai macam kode sekring di dalamnya, seperti:

    • POWER

    POWER menjadi kode untuk komponen Power Window. Kode ini biasanya untuk tegangan 30 Ampere. 

    • HTR SUB

    Sedangkan, HTR SUB menjadi kode yang berada di sistem injeksi bakar yaitu sequential multisport. Sejumlah sirkuit terkait pada kode ini seperti sistem air conditioner. Tegangan di bagian ini biasanya adalah 7.5 Ampere. 

    • IG1/BACK

    Kode ini biasanya menunjukkan sistem kelistrikan di bagian piranti mobil contohnya seperti sistem starting, flasher darurat, meter, lampu mundur, hingga sistem AC. Tegangan rata-rata yang dimilikinya adalah 7.5 Ampere. 

    • ECU IG1

    ECU IG1 menjadi kode yang berada di sejumlah komponen mobil. contohnya saja seperti di SRS airbag system, electric power steering, dan anti lock brake system. Tegangan arus listrik yang dimiliki komponen ini adalah 7.5 Ampere. 

    • DEF

    Berikutnya adalah kode DEF. Kode ini dipasang di defogger kaca bagian belakang. Tegangan yang dimiliki adalah 20 Ampere. 

    • DL