Berita

    Kenali Cara Merawat Lampu Interior Mobil Agar Tahan Lama

    Lampu interior mobil umumnya cuma terdiri atas lampu kabin. Nah, seperti yang Anda ketahui, lampu kabin tersebut berguna menjadi pencahayaan ruangan mobil. Khususnya saat Anda memerlukan sumber cahaya di malam hari, misalnya mencari barang di dalam ransel.

    Dari sini Anda dapat tahu lampu interior memiliki peran penting. Jadi, jika Anda ingin lampu berfungsi optimal, maka kenali bagaimanakah cara merawatnya supaya tahan lama dan awet, sehingga ia dapat digunakan dalam durasi waktu yang panjang.

    Sekilas Tentang Lampu Interior Mobil Beserta Cara Kerjanya

    Pada dasarnya, yang terhitung sebagai lampu LED interior mobil bawaan cuma lampu kabin – yang aman tersedia dalam plafon. Perannya yakni menerangi bagian interior mobil supaya Anda bisa mengecek kondisi di dalamnya secara jelas. 

    Lazimnya, kampu kabin ini dinyalakan ketika Anda keluar dari mobil, mencari sesuatu atau barang yang terjatuh, dan masih banyak lagi. Perlu diketahui, termuat 3 mode dalam saklar lampu interior. Mode tersebut bisa menentukan performa lampu yang terdapat dalam mobil.

    Singkat kata, di bawah ini merupakan penjelasan tentang mode-mode tersebut:

    • Mode Off

    Dalam mode satu ini, kondisi lampu interior mobil tidak menyala atau dalam keadaan off, sesuai namanya. Dengan begitu, pastinya Anda tidak akan memeroleh sumber cahaya penerang interior dalam mobil. 

    Umumnya, Anda akan menggunakan mode off saat tidak memerlukan sumber cahaya lampu, contohnya yakni pada siang hari – dimana cahaya mentari dari luar sudah mampu menyuplai penerangan untuk interior mobil.

    • Mode On

    Pastinya, dalam mode ini, lampu interior dapat menyala menjadi sumber cahaya. Anda dapat menggunakan mode on ketika memerlukannya. Dengan mode ini, lampu bisa terus hidup sampai dimatikan dengan kata lain modenya diubah menjadi off.

    • Mode Door

    Melalui mode satu ini, lampu interior mobil bisa menyala secara otomatis ketika Anda membuka pintu. Dengan suplai penerangan saat akan keluar mobil, pastinya Anda akan aman dan tidak terjatuh.

    Selain itu, Anda dapat selalu menyalakan saklar dalam mode ini, sebab ketika pintu ditutup, lampu tidak akan menyala. Mode door sangat berguna supaya Anda mengetahui kondisi pintu – apakah telah ditutup rapat atau belum.

    2 Cara Merawat Lampu Interior Mobil

    Sudah pasti semua pemilik mobil menginginkan komponen kendaraan tersebut awet dan tahan lama. Begitupun Anda. Maka demikian, Anda wajib memperhatikan perawatan lampu interior agar dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.