Berita

    Featured Image

    Mencuci Mobil Menyebabkan Karat? Ini Penjelasannya!

    Pernahkah Anda khawatir akan muncul karat karena mencuci mobil? Hal ini seringkali dialami oleh para pengguna mobil. Tidak jarang mereka jadi sangat berhati-hati saat mencuci mobil agar tidak muncul karat. 

    Namun, apakah benar jika proses pencucian mobil bisa memicu karat dan merusak bodi mobil? Mari cari tahu apa sebenarnya yang menyebabkan karat muncul pada mobil Anda dan seperti apa cara pencegahannya. 

    Munculnya Karat Karena Mencuci Mobil

    Proses mencuci mobil sebaiknya dilakukan secara rutin untuk menjaga kebersihan mobil Anda. Namun di luar sana masih banyak pengguna mobil yang justru merasa risau karena berpikir bahwa pencucian mobil bisa memicu karat. 

    Sebenarnya jika Anda mencuci mobil dengan cara yang tepat maka karat tidak akan muncul. Karat pada mobil akan muncul apabila Anda melakukan cara pencucian yang salah. Berikut ini beberapa kesalahan pencucian mobil yang bisa memicu karat. 

    • Mencuci Mobil di Malam Hari

    Kesalahan pertama adalah mencuci mobil di waktu malam. Sangat direkomendasikan untuk mencuci mobil di pagi atau siang hari saja. Hal ini akan mempermudah permukaan mobil Anda lebih cepat kering karena ada panas. 

    Lain halnya jika Anda mencuci mobil di malam hari. Biasanya proses pengeringan jadi kurang sempurna dan masih banyak air yang menggenang di beberapa bagian mobil. 

    Genangan air yang tersisa tadi bisa memicu munculnya karat. Apalagi jika Anda membiarkannya begitu saja setelah proses pencucian tanpa mencoba mengeringkannya. 

    • Tidak Membersihkan Bagian Kolong

    Mencuci mobil tidak hanya dilakukan pada bagian bodi atasnya saja. Perlu diketahui bahwa Anda juga harus mencoba membersihkan area kolong mobil. Ini sangat penting karena area tersebut paling rawan berkarat. 

    Bagian kolong mobil memang paling sering terlupakan. Padahal setelah mencuci mobil akan ada air yang mengalir di bagian kolong. Jika area tersebut tidak dibersihkan maka akan ada lebih banyak air yang tertinggal di sana. 

    Kondisi ini akan mempermudah munculnya karat di beberapa area kolong mobil. Belum lagi jika ditambah cipratan air saat Anda berkendara di jalanan. Jadi pastikan Anda mencuci bagian kolong dan membersihkannya dengan baik. 

    • Pemakaian Sabun yang Salah

    Masalah karat karena mencuci mobil bisa saja muncul karena Anda tidak menggunakan jenis sabun yang sesuai. Sebaiknya Anda memakai sabun mobil yang memang diformulasikan secara khusus. 

    Pemakaian Sabun yang SalahFreepik.com

    Pemakaian sabun asal-asalan bisa membuat bodi mobil Anda jadi rusak. Bisa saja cat mobil jadi mengelupas dan muncul karat di beberapa titik. Oleh sebab itu pastikan untuk memakai sabun yang sesuai dan memang diformulasikan untuk mencuci mobil. 

    • Mencuci Mobil dengan Air Laut

    Pengguna mobil di area pesisir sangat tidak disarankan mencuci mobil pakai air laut. Air laut mengandung garam yang akan memicu karat jika dibiarkan menempel pada bodi mobil. 

    Jika Anda tinggal di daerah pesisir, lebih baik gunakan sumber air lain dan hindarkan mobil Anda dari paparan air laut. Sebisa mungkin lakukan pencucian mobil secara rutin agar terhindar dari karat. 

    • Tidak Mencuci Mobil setelah Kehujanan

    Banyak orang memilih mencuci mobil saat cuaca cerah. Jika cuaca mendung atau mungkin setelah mobil terkena hujan, justru mereka malas mencuci mobil. Padahal sangat disarankan untuk mencuci mobil setelah menerjang hujan. 

    Air hujan bisa membuat bodi mobil Anda berkarat. Jika Anda baru saja bepergian menerjang hujan, pastikan untuk segera mencuci mobil sampai bersih.