Berita

    Featured Image

    10 Hal yang Sering Dikhawatirkan tentang Mobil

    Ada banyak masalah pada mobil yang sering dikhawatirkan pemiliknya. Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir jika kerusakannya masih tergolong ringan karena masalah yang ditimbulkan tidak terlalu signifikan.

    Meskipun begitu tetap saja harus segera ditangani agar tidak memicu kerusakan parah yang menyebabkan masalah fatal. Agar terhindar dari hal-hal yang mengkhawatirkan sebaiknya lakukan pemeriksaan menyeluruh secara rutin agar lebih cepat mendeteksinya kerusakan. 

    Masalah pada Mobil yang Sering Dikhawatirkan Pengemudi

    Kerusakan-kerusakan yang muncul sebenarnya bisa dicegah/diperlambat dengan melakukan perawatan secara rutin. Ketika mobil mengalami masalah sebaiknya jangan panik supaya Anda bisa berpikir jernih untuk mengatasinya.

    Berikut beberapa masalah mobil yang sering dikhawatirkan pengemudi dan cara mengatasinya. 

    1. Lampu Peringatan Check Engine Hidup

    Masalah ini sering kali terjadi pada semua jenis mobil, lampu peringatan check engine menyala saat unit kontrol mesin menemukan kesalahan kode yang pada sensor. Untuk mengatasinya Anda bisa membawa mobil tersebut ke bengkel untuk ditindaklanjuti.

    1. Masalah pada Pembakaran

    Cara mengatasi/mencegah terjadinya masalah pada sistem pembakaran yaitu dengan rutin memeriksa komponen yang ada di dalamnya. Mulai dari bagian busi, koil, hingga injektor mesin.

    1. Aki Tekor dan Mati

    Masalah ini juga sering dialami pemilik mobil karena disebabkan oleh bagian alternator yang rusak. Aki tekor juga bisa dipicu karena kerusakan pada sensor suhu baterai dan sistem pengisian daya. 

    Untuk mengatasi masalah ini Anda perlu mengganti aki mobil setidaknya setiap 50.000 mil atau setiap 3 tahun sekali walaupun kondisi masih terlihat bagus. 

    1. Filter Udara Kotor

    Masalah pada mobil selanjutnya disebabkan karena Anda jarang membersihkan filter udara. Jika mengalami masalah ini jangan buru-buru menggantinya dengan yang baru. 

    Cukup bersihkan filter udara dari kotoran dan debu yang menempel tapi jika kerusakannya cukup parah sebaiknya ganti dengan yang baru. 

    1. Busi Kotor 

    Meskipun terlihat sepele busi kotor tergolong masalah berat apalagi jika tidak segera ditangani karena fungsi busi sangatlah penting dalam proses pembakaran.  

    Cara mengatasinya cukup mudah Anda hanya perlu membersihkan permukaannya dari kerak dan kotoran yang menempel agar kembali berfungsi normal.

    1. Suara Mesin Kasar

    Ciri-cirinya mobil yang terawat dengan baik bisa dicek dari suaranya, mobil yang suaranya kasar biasanya mengalami masalah di bagian mesinnya. 

    Suara kasar yang dikeluarkan mobil bisa disebabkan karena kerusakan di bagian kepala silinder, selang, exhaust manifold, vacuum, dan gasket. 

    Cara mengatasinya Anda harus mencari tahu penyebab utamanya terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan lebih lanjut.

    1. Mesin Overheating

    Mesin yang mengalami overheating ditandai dengan peningkatan suhu yang tidak wajar. Jika mengalami overheating sebaiknya segera hentikan mobil dan matikan mesin. 

    Agar suhu mesin kembali normal Anda harus mengistirahatkan mobil beberapa saat. Bila perlu bukalah kap mobil agar proses pendinginan berlangsung lebih cepat.

    1. Oli Bocor

    Masalah oli bocor biasanya disebabkan karena seal rusak, gasket aus, dan panci oli bocor. Agar terhindar dari masalah ini Anda harus mengganti oli secara rutin dan melakukan pemeriksaan menyeluruh. 

    1. Masalah Transmisi

    Transmisi yang bermasalah ditandai dengan perpindahan gigi yang terasa lambat, cairan transmisi bocor, pergantian gigi terasa lambat. Cara mengatasinya yaitu dengan rutin memeriksa dan mengganti cairan transmisi secara rutin.

    1. Suspensi Aus

    Agar pergerakan mobil kembali halus dan nyaman segera perbaiki bagian suspensi yang rusak. Untuk mencegahnya Anda perlu menerapkan gaya berkendara yang lembut agar suspensi tidak mudah aus.