Berita

    Fungsi Release Fork Pada Sistem Kopling

    Release fork atau biasa disebut garpu pengungkit sendiri merupakan bagian dari sistem kopling yang berfungsi untuk mengungkit dan mendorong agar release bearing bisa menekan ke kopling. 

    Namun, agar Anda lebih faham mengenai garpu pengungkit, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja komponen yang ada kopling manual beserta fungsinya.

    Bagi Anda yang memiliki mobil kopling manual pastikan Anda memiliki sedikit pengetahuan mengenai macam-macam kopling. Pasalanya kopling merupakan salah satu mesin mobil yang penting. Berikut ulasan mengenai komponen dan juga fungsi dalam sistem kopling:

    • Pedal kopling

    Komponen pertama dalam sistem kopling adalah pedal kopling. Pedal ini berfungsi sebagai input untuk mengendalikan kinerja kopling. Demi kenyamanan  dan keselamatan Anda saat berkendara, pastikan tinggi atau rendahnya pedal kopling disesuaikan dengan posisi duduk Anda. 

    • Master Silinder Kopling

    Setelah pedal kopling, selanjutnya ada komponen master silinder kopling yang berfungsi untuk mengubah tenaga mekanik pada pedal menjadi tenaga hidrolik. Selain itu juga berfungsi agar mesin tidak overheat.

    Ada juga master silinder kopling atas yang berfungsi menerima adanya tekanan pedal. Selain itu, ada master silinder kopling bawah yang fungsinya menerima adanya tekanan yang terjadi dari master silinder kopling atas.

    • Actuary Cylinder

    Di bagaian master silinder terdapat juga actuary cylinder yang berfungsi untuk mengubah dari tekanan hidrolik kembali ke tekanan mekanik.

    • Hydraulic Clutch Pipe

    Hydraulic Clutch Pipa berbentuk pipa yang berfungsi untuk mengalirkan adanya tekanan hidrolik.

    • Release Fork

    Komponen ini berfungsi untuk mengubah adanya tekanan hidrolik yang berasal dari pipa menjadi tenaga mekanik.

    • Release Bearing

    Selanjutnya tekanan yang awalnya dari actuary silinder dan garpu pengungkit akan disalurkan melalui release bearing.

    • Tutup Kopling

    Tutup kopling berfungsi sebagai tempat penyimpanan pegas diafragma dan plat penekan.

    • Pelat Penekan

    Fungsi pelat penekan ini untuk menekan tutup kopling dan meneruskan tekanan menuju Kompas kopling. 

    • Pelat Kopling