Berita

    8 Komponen Sistem Pendingin Mesin Mobil dan Fungsinya

    Sudahkah Anda tahu jika ada komponen yang memiliki fungsi untuk mencegah overheat mesin? Ya, komponen satu ini bernama alat pendingin mesin mobil. 

    Seperti namanya, alat ini bekerja untuk membuat suhu mesin mobil tetap terjaga. Alias tidak terlalu panas hingga menyebabkan overheat.

    Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus berkenalan terlebih dahulu dengan sistem ini. Secara sederhana, pengertian alat ini adalah kumpulan komponen yang bertugas untuk mendinginkan mesin mobil. 

    Suhu ideal dari mesin mobil yakni sekitar 80-92 derajat celcius. Nah, alat ini berfungsi untuk menjaga supaya suhu mesin tetap ideal saat dikendarai.

    Sedikitnya ada 8 komponen pendingin mesin mobil yang harus Anda ketahui. Berikut nama dan fungsinya:

            1. Radiator

    Anda yang mengetahui otomotif tentu tidak asing dengan radiator. Ya, komponen satu ini berfungsi untuk menstabilkan suhu mobil. 

    Pada radiator, terdapat pipa kecil yang berfungsi memecahkan energi panas dengan air pada radiator yang dingin. Kemudian panas pada mesin dibuang melalui kisi-kisi radiator.

    Komponen ini terus bekerja secara berulang. Air radiator akan terus berfungsi mendinginkan panas dan dibuangnya. Untuk itu, pilih air radiator terbaik ya, supaya fungsinya maksimal.

            2. Pompa Air

    Komponen berikutnya yakni pompa air. Fungsinya yakni mengantarkan air dari lower tank yang terdapat pada radiator, menuju mesin.

    Pompa air juga menjadi komponen penting, karena mengantarkan air radiator mendinginkan mesin. Kemudian mengantarkannya untuk bekerja secara berulang. 

            3. Thermostat

    Thermostat menjadi salah satu alat pendingin mesin mobil yang memiliki fungsi menjaga suhu cair di radiator tetap stabil. Nah, komponen ini bakal bekerja hanya saat dibutuhkan saat ada pada suhu tertentu. 

    Apabila suhunya masih stabil, maka komponen ini akan menjaga air supaya tidak bekerja. Namun, apabila sudah dibutuhkan, maka thermostat bakal membuka saluran dan mengatur cairan yang masuk pada radiator.

            4. Kipas Radiator

    Komponen alat pendingin mesin mobil berikutnya yakni kipas radiator. Kipas ini memiliki fungsi mengaliri udara pada radiator saat melakukan pendinginan air. 

    Tugas kipas ini yakni menyerap udara dingin dari radiator, lalu bakal menghembuskannya pada mesin.