Berita

    Wajib Tahu! Perlunya Memiliki Ban Serep dan Cara Merawatnya

    Salah satu komponen penting pada mobil yaitu ban, karena inilah yang membuat mobil dapat berjalan dan dikemudikan. Sebagai tindakan antisipasi, maka setiap mobil perlu memiliki ban serep yang dapat digunakan untuk berbagai keadaan darurat.

    Sebenarnya, apa pentingnya memiliki ban yang satu ini? Lalu, bagaimana cara untuk merawatnya? Simak penjelasan berikut hingga tuntas dan mari lebih mengenal jenis ban penting ini!

    Pentingnya Memiliki Ban Serep

    Ban yang satu ini sering juga disebut sebagai ban cadangan. Sesuai dengan namanya, ban ini dapat digunakan untuk mengganti ban utama jika terjadi kerusakan atau masalah.

    Ketika salah satu ban utama mengalami masalah, misalnya terjadi kebocoran, maka Anda dapat langsung menggantinya dengan ban cadangan. Hal ini menjadi penting supaya Anda tetap dapat melanjutkan perjalanan.

    Jika berada di tengah perjalanan jauh yang jauh dari bengkel, maka fungsi ban cadangan dapat menjadi lebih vital lagi. Biasanya, ukuran dari ban cadangan ini lebih kecil dibanding ban asli, supaya ketika dibawa dapat lebih menghemat tempat.

    Cara Merawat Ban Serep

    Meski ban cadangan jarang digunakan, namun kondisinya tetap harus dirawat dengan baik. Berikut adalah berbagai hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kondisi ban cadangan.

    • Pastikan Kondisi dan Tekanan Ban Selalu Stabil

    Hal penting yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa kondisi dan tekanan ban selalu stabil.

    Sebaiknya, Anda melakukan pengecekan secara rutin, minimal sekali dalam sebulan. Pastikan tekanan anginnya tetap baik dan stabil, lakukan pengisian secara rutin jika diperlukan.

    Jika akan melakukan perjalanan jauh, melakukan pengecekan ban cadangan menjadi hal yang sangat penting, karena risiko perjalanannya akan semakin besar.

    Pastikan Anda selalu aman ketika berkendara, salah satunya dengan memastikan kondisi ban cadangan.

    • Jangan Terlalu Lama Digunakan

    Perlu diketahui bahwa ban cadangan tidak memiliki kekuatan sebaik ban utama. maka dari itu, pemakaian ban ini perlu diperhatikan.

    Jika terjadi kondisi darurat di tengah perjalanan, maka Anda dapat menggunakan ban cadangan. Namun, jika situasi sudah memungkinkan untuk menggantinya dengan ban utama lagi, maka segera lakukan hal tersebut.

    Menggunakan ban cadangan dalam waktu yang lama bisa saja memiliki berbagai risiko, terutama untuk aspek keselamatan pengendara dan penumpang.

    Istockphoto.com
    • Pastikan Memakai Velg yang Sesuai