Berita

    Featured Image

    Tips Aman Mengemudi Lewat Tengah Malam

    Mengemudi pada malam hari, terlebih jika sudah lewat tengah malam, memiliki berbagai risiko yang lebih tinggi dibanding pada siang hari. Maka dari itu, ada berbagai tips mengemudi yang perlu diperhatikan jika harus melakukannya.

    Tentu saja, keamanan dan keselamatan tetap harus menjadi prioritas utama, jadi pastikan Anda menyimak artikel ini sampai tuntas!

    Tips Mengemudi Lewat Tengah Malam, Pastikan Selalu Aman!

    Berikut ini adalah tips penting jika Anda akan mengemudi tengah malam, mulai dari mengatur kecepatan hingga tetap fokus berkonsentrasi.

    • Atur Kecepatan

    Pertama, pastikan Anda mengatur kecepatan berkendara dengan baik. Perlu dipahami bahwa cahaya yang minim pada malam hari bisa saja membuat Anda lebih sulit untuk mengenali objek dan menerka jaraknya.

    Jadi, pastikan untuk tidak menyetir terlalu cepat, terlebih di jalanan yang sepi dan minim penerangan.

    • Atur Jarak Aman

    Selain kecepatan, tips mengemudi yang selanjutnya yakni memperhatikan jarak aman. Pastikan Anda tidak terlalu dekat dengan kendaraan lain, baik di depan maupun di samping.

    Selain itu, jika akan melakukan pengereman juga perlu diperhatikan jarak antara mobil Anda dengan kendaraan atau objek lain di sekitar.

    • Bijak Memakai Lampu Utama

    Ada dua jenis lampu utama, yakni lampu jarak dekat atau low beams dan lampu jarak jauh atau high beams. Keduanya memiliki fungsi berbeda, tetapi masih  banyak pengendara yang kurang tepat memakainya.

    Jika mengemudi pada tengah malam di jalur yang minim penerangan, maka Anda bisa memakai lampu jarak jauh.

    Namun, pastikan untuk menggantinya dengan lampu jarak dekat jika sedang berada di belakang kendaraan lain atau ada kendaraan lain yang mendekat.

    Hal ini penting supaya pengendara lain tidak merasa terlalu silau dan berpotensi menyebabkan bahaya.

    • Redupkan Lampu Indikator dan Dashboard

    Di sebagian jenis mobil, ada fitur dimmer switch yang bisa digunakan ketika berkendara di malam hari. Anda dapat meredupkan lampu indikator dan dashboard, supaya tidak terlalu silau.

    Redupkan Lampu Indikator dan Dashboard

    Freepik.com

    Hal ini dapat meningkatkan visibilitas dan membuat mata Anda lebih mudah untuk menyesuaikan dengan jalanan yang gelap, terlebih jika berkendara di pedesaan yang minim penerangan.

    • Sesuaikan Spion dan Lampu Utama

    Pengaturan spion dan lampu utama memang umumnya sesuai dengan bawaan pabrik. Namun, jika Anda merasa hal tersebut kurang sesuai dengan kebutuhan mengemudi, maka bisa dilakukan pengaturan ulang.

    Misalnya, jika akan mengemudi pada malam hari, Anda bisa mengatur spion sedikit lebih bawah, supaya terhindar dari lampu mobil lain yang terlalu silau.

    Lalu, pastikan juga lampu utama bisa memberikan penerangan yang cukup tanpa menyilaukan pengendara lain.

    • Hindari Menatap Langsung Lampu Mobil Lain

    Tips mengemudi lewat tengah malam selanjutnya, sebaiknya Anda usahakan untuk tidak menatap lampu mobil lain secara langsung. Cahaya yang terlalu terang dari lampu tersebut bisa saja membuat sebagian pengendara tidak fokus dan hilang arah.

    Pastikan saja Anda mengetahui kondisi sekitar, termasuk ketika ada mobil yang melintas. Lalu, perhatikan juga garis putih di tepi jalan untuk memastikan Anda tetap di jalur yang tepat.

    • Perhatikan Sekitar dan Selalu Waspada

    Jarak pandang antara malam dan siang hari tentu berbeda, sehingga berkendara lewat tengah malam memerlukan tingkat kewaspadaan yang lebih tinggi.

    Pastikan Anda memperhatikan berbagai hal, mulai dari kendaraan lain, orang berjalan kaki atau bersepeda, hewan yang melintas di jalan atau terbang di sekitar Anda, dan berbagai objek lainnya.

    • Atur Fokus dan Konsentrasi

    Terakhir, pastikan Anda tetap fokus dan berkonsentrasi. Jika mengantuk atau merasa kurang sehat, maka sebaiknya tidak memaksakan diri, karena bisa membuat Anda sulit berkonsentrasi.

    Meski sudah menjadi hal biasa bagi sebagian orang, namun mengemudi lewat tengah malam tetap harus dilakukan dengan sangat hati-hati.