Berita

    Ternyata Ini Fungsi Lampu Hazard pada Mobil Anda

    Fungsi lampu hazard seringkali belum sepenuhnya dipahami oleh pemilik kendaraan. Sesuai dengan maknanya sendiri, lampu hazard adalah lampu yang dinyalakan ketika ada bahaya. Lampu ini merupakan isyarat tanda bahaya, di mana kondisi mobil Anda sedang tidak prima atau alami masalah. 

    Hal ini sebagai penanda bagi kendaraan lain agar memahami posisi Anda dan menjadi waspada ketika melintas atau menyalip mobil Anda. Di sini akan dibahas lebih jauh mengenai fungsi-fungsi dari lampu hazard!

    Fungsi Lampu Hazard pada Mobil Anda

    Tombol untuk menyalakan lampu hazard terletak pada dashboard, ditandai dengan warna merah dan berbentuk segitiga. Sebuah lampu tanda bahaya yang dinyalakan ketika mobil Anda dalam posisi berhenti, bukan saat melaju. 

    Berikut ini adalah momen di mana Anda butuh untuk memanfaatkan fungsi dari lampu yang satu ini!

    • Penanda Saat Mobil Mogok

    Apabila Anda mengalami mogok mobil di tengah jalan raya, maka Anda terpaksa harus berhenti di bahu jalan. Maka di sinilah waktu yang tepat bagi Anda untuk menyalakan lampu hazard. 

    Penanda ini berfungsi untuk memberikan kode pada kendaraan lain bahwa Anda menghentikan mobil karena alami mogok. Sehingga mobil lain bisa mengambil sisi lain untuk menyalip Anda dan tidak menunggu di belakang mobil Anda.

    • Saat Mobil Alami Kecelakaan

    Ketika Anda mengalami kecelakaan atau tabrakan sehingga mobil Anda tidak bisa melaju lagi, sebaiknya Anda menyalakan tombol lampu hazard. Sehingga pengguna jalan lain bisa waspada dan memberikan pertolongan jika memungkinkan.

    • Melakukan Reparasi Mobil

    Ada kalanya muncul hambatan atau kendala tak terduga ketika Anda sedang mengemudi. Salah satunya ban mobil kempes atau pecah. Maka jalan satu-satunya melakukan penggantian ban saat itu juga, agar mobil Anda dapat melaju kembali. 

    Di sinilah fungsi lampu hazard dijalankan, Anda bisa menyalakan lampu hazard. Jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman mobil juga di depan dan belakang mobil Anda. Sebagai penanda agar kendaraan lain terus melintas saja dan lebih waspada.

    • Saat Menghentikan Mobil di Tepi Jalan

    Apabila dalam perjalanan jauh tak jarang Anda mengalami kelelahan atau harus memindahkan barang dan sebagainya. 

    Hal ini membuat Anda harus menghentikan mobil di tepi jalan. Sebaiknya, Anda menyalakan lampu hazard sebagai penanda untuk pengemudi lainnya. 

    • Ketika Memundurkan Kendaraan di Parkiran