Berita

    Simak Penyebab Audio Mobil Mati

    Jangan salah, berkendara bukan hanya sekedar berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Nyatanya, fitur hiburan seperti audio selama berkendara juga menjadi sebuah sarana wajib saat melakukan perjalanan. Oleh sebab itu ketika audio mati, kita merasa ada yang kurang. 

    Perjalanan tentu akan menjenuhkan bila kita berkendara tanpa ditemani dengan musik yang disukai. Pada dasarnya, perangkat audio seperti fitur lain yang dimiliki mobil, bisa mengalami kerusakan ketika tidak dirawat dengan baik. 

    Penyebab Audio Mati

    Berikut beberapa hal yang menyebabkan audio mobil tidak mengeluarkan suara atau mati, antara lain:

            1. Pemasangan yang Tidak Tepat

    Penyebab utama audio tidak mengeluarkan suara bisa dikarenakan adanya kesalahan saat proses pemasangan. Terkadang, masalah ini tidak muncul ketika selesai dipasang, tetapi kemudian hari, tiba-tiba audio mobil tidak bisa lagi digunakan. 

    Kesalahan pemasangan biasanya berasal dari komponen yang mulai aus karena tidak dipasang dengan tepat. bila kesalahan ini disebabkan karena kelistrikan, masalah ini bisa merambat ke bagian kelistrikan yang lain. 

            2. Pemilihan Perangkat Audio yang Tidak Tepat

    Tidak sedikit orang yang memilih menambahkan sarana hiburan dengan memasang produk lain. Padahal, setiap mobil tentu memiliki standar pabrik yang harus sesuai dan mungkin tidak sama dengan buatan merek luar. 

    Bila spesifikasi perangkat audio yang Anda beli tidak cocok, audio tidak bisa dihidupkan. Ketidakcocokan perangkat audio ini bisa terjadi disebabkan karena kelistrikan, atau kemampuan daya listrik mobil. 

    Oleh sebab itu, jika ingin melakukan upgrade audio, pastikan tidak memaksakan spesifikasi yang berasal dari standar bawaan pabrik. 

            3. Adanya Masalah Kelistrikan

    Sebenarnya, penyebab audio mati tidak selamanya disebabkan karena perangkat audio tersebut. Sumber energi listrik yang rusak, juga dapat menjadi akar penyebabnya, serta menyebabkan arus listrik menjadi kurang stabil. 

    Jika hal ini dibiarkan begitu saja, risiko kerusakan pada komponen audio menjadi semakin besar, dan akhirnya justru masalah merembet ke berbagai bagian lain.

            4. Audio Berdebu

    Meskipun merupakan butiran kecil, tetapi jangan salah. Debu bisa berubah menjadi masalah besar dari segala sistem kelistrikan dan mekanis mobil. Saat debu ini menumpuk, berbagai fungsi akan terhambat serta tidak bisa bekerja dengan maksimal.