Berita

    Penyebab Lampu Mobil Menguning dan Kusam

    Lampu mobil yang menguning dan kusam cukup umum ditemukan pada mobil yang sudah memasuki usia pemakaian lebih dari 5 tahun. Bagi Anda yang memiliki mobil dengan lampu tidak mengkilap lagi sebab sudah kusam dan menguning, artikel ini untuk Anda!

    Sebab, kami akan membahas berbagai penyebab yang membuat lampu dapat berubah seperti itu. Jadi, Anda bisa memperbaiki sumber penyebabnya dan membuat tampilan lampu lebih bersinar seperti semula. Mari jangan lewatkan informasi dalam artikel ini!

    4 Penyebab Lampu Mobil Menguning dan Kusam

    Mobil dengan lampu yang menguning dan kusam akan membuat cahaya lampu berkurang. Ini berisiko pada kenyamanan berkendara Anda, terutama di malam hari, sehingga mengetahui penyebab lampu kusam akan membantu Anda memperbaikinya. Berikut x penyebabnya:

    • Lampu Mendapat Hawa Panas dari Mesin

    Penyebab pertama adalah karena lampu mendapatkan hawa panas dari mesin mobil. Ini terjadi akibat posisi antara mesin dan lampu yang berdekatan. Jadi, tidak heran ketika hawa panas dari mesin mudah sekali mengenai lampu dan komponennya.

    Hawa panas tersebut menjadi pemicu proses oksidasi, yang apabila dibiarkan tanpa ditindaklanjuti akan menyebabkan mika pada lampu menguning dan jadi buram.

    Lampu yang paling mudah kusam pun adalah lampu terdekat dengan kap mesin mobil. Jadi, apabila lampu yang menguning pada mobil Anda terletak di area tersebut, Anda tahu penyebab di baliknya.

    • Bohlam pada Lampu Memiliki Watt Lebih Besar

    Berikutnya, lampu pada mobil dapat menguning akibat memakai bohlam dengan watt lebih besar dari pada bohlam standarnya. Ini berkaitan dengan panas dari bohlam yang semakin tinggi menyesuaikan dengan ukuran watt bohlam.

    Lama kelamaan, pemakaian bohlam dengan watt yang lebih besar ini akan memaparkan panas secara konsisten terhadap mika lampu di mobil. Akhirnya, lampu pun menguning dan menjadi kusam.

    • Karet Penutup Sobek atau Getas

    Ketika karet penutup bohlam serta mika sudah getas atau pun sobek, maka debu, kotoran, hingga air akan lebih mudah memasuki lampu. 

    Itulah yang mendorong mika lampu lebih cepat kotor, yang kemudian memicu lampu jadi menguning. Jadi, ketika Anda menemukan seal atau karet pada lampu mobil terkelupas, langsung ganti dengan karet baru agar mika pada lampu tidak kusam dan menguning.

    Perlu Anda tahu bahwa mika lampu pada mobil juga memiliki sifat yang hampir sama dengan bodi mobil, yang mana apabila tertutup dengan debu, jamur, dan kotoran sejenis, akan berubah menjadi kusam.

    Sehingga, penting sekali membersihkan mobil dan komponennya secara rutin agar bebas kotoran dan tidak mudah kusam atau pun menguning.

    • Terlalu Sering Terpapar Cuaca yang Panas

    Mobil yang terkena cuaca panas terik untuk durasi yang cukup lama tidak hanya memberikan efek buruk pada bodi mobil, namun juga mika lampu yang terdapat di mobil.

    terpapar cuaca panas

    unsplash.com

    Bodi mobil memiliki cat, yang ketika terus menerus dijemur di bawah sinar matahari, akan menjadi kusam. Itu yang akan terjadi pada mika lampu, yang mana akan berubah jadi kuning, buram, serta kusam.

    Ketika mika lampu buram, maka intensitas cahayanya pun tidak cukup maksimal untuk penerangan. Jadi, segera perbaiki dan ganti lampu pada mobil apabila telah menguning.

    Empat penyebab lampu mobil menguning dan kusam tersebut memudahkan Anda menemukan cara untuk mengatasinya agar tidak menimbulkan risiko ketika Anda berkendara. 

    Beberapa cara membuat lampu yang menguning kembali terang adalah dengan cuka, pasta gigi, atau rubbing compound.