Berita

    Wajib Tahu! Pentingnya Memahami Fitur Keselamatan Mobil

    Keselamatan di jalan raya menjadi prioritas utama bagi para pengemudi dan penumpang mobil. Dalam upaya untuk meningkatkan tingkat keselamatan, produsen mobil terus mengembangkan dan menyematkan berbagai fitur keselamatan mobil.

    Anda pun berkewajiban untuk memahami dan memanfaatkan fitur-fitur keselamatan. Bukan hanya kewajiban, tetapi juga menerapkan langkah penting dalam menjaga keselamatan selama berkendara. 

    Ini Dia 7 Fitur Keselamatan Mobil

    Ada beberapa fitur keselamatan pada kendaraan yang harus Anda pahami. Supaya bisa memanfaatkan penggunaannya dengan baik. Ini dia beberapa fiturnya:

    • Airbag

    Salah satu fitur keselamatan paling umum dan efektif adalah airbag. Benda ini dirancang untuk memberikan perlindungan tambahan saat terjadi tabrakan. 

     

    airbag

    Pexels.com

    Pahami lokasi airbag di mobil Anda untuk bisa memanfaatkannya dengan baik. Termasuk airbag samping dan tirai, dan pastikan untuk selalu menggunakan sabuk pengaman bersamaan dengan airbag.

    • Sistem Rem Antilock (ABS)

    ABS adalah fitur yang mencegah roda terkunci selama pengereman mendadak. Sehingga memungkinkan pengemudi tetap memiliki kendali atas kendaraan. 

    Anda wajib memahami cara menggunakan sistem ABS ini. Supaya bisa membantu mengoptimalkan efektivitasnya dalam situasi darurat.

    • Sistem Kontrol Stabilitas (ESC)

    ESC membantu menjaga kendali kendaraan saat melibatkan kehilangan traksi, seperti saat melewati tikungan dalam kondisi licin. Sensor ini kemudian akan otomatis mengaktifkan rem Anda jika dibutuhkan. Kemudian mengembalikan ke jalur yang semestinya.

    Pemahaman tentang cara kerja ESC dapat membantu pengemudi mengatasi situasi selip dengan lebih baik. Sehingga Anda bisa mengendalikan kendaraan jika sudah kehilangan kontrol.

    • Child Lock

    Pada beberapa mobil, sudah terpasang child lock yang merupakan sistem keselamatan pada anak. Fungsi dari fitur keselamatan mobil ini adalah memberikan keamanan terhadap penumpang anak, dengan penguncian pintu mobil. Sehingga tidak bisa terbuka sendiri dari dalam.

    Fitur ini tidak sama dengan central lock. Sebab pengaktifannya ada di masing-masing pintu mobil. Anda harus mengaktifkan sendiri di pintu terdekat dengan anak anda.

    • Sistem Pengingat Sabuk Pengaman

    Meskipun terlihat sederhana, penggunaan sabuk pengaman adalah langkah vital untuk keselamatan. Fitur pengingat sabuk pengaman memberikan peringatan jika pengemudi atau penumpang tidak mengenakan sabuk. Sehingga memastikan semua orang tetap aman selama perjalanan.

    Meski begitu, sistem ini tidak selalu ada pada mobil. Beberapa hanya ada pada mobil keluaran terbaru dengan fitur terkini.

    • Sistem Pemantauan Titik Buta (BSM)

    BSM atau Blind Spot Monitoring membantu mengatasi risiko tabrakan saat perpindahan jalur. Caranya yakni dengan memberikan peringatan jika ada kendaraan di titik buta pengemudi. 

    Sebab, beberapa titik ini tidak bisa Anda lihat melalui spion. Sistem ini membantu Anda untuk mengetahui, dengan adanya sinyal peringatan suara maupun lampu. Sehingga ketika pandangan Anda tertutup, Anda tetap bisa mengemudi dengan aman.

    • Rear View Mirror

    Terakhir yakni fitur yang hampir mirip dengan BSM. Bedanya, fitur ini mampu melihat secara luas ke bagian belakang mobil, yang tak terjangkau kaca spion samping maupun tengah.

    Anda bisa mendapatkan fitur ini secara terpisah. Sudah banyak toko online yang menjualnya sebagai fitur pengamanan tambahan.

    Memahami fitur-fitur keselamatan di atas bukan hanya tentang mengetahui keberadaannya, tetapi juga tentang mengerti cara menggunakan. Sehingga Anda mendapatkan manfaat maksimal dari setiap fitur.