Berita

    Ketahui Dampak Tangki Bensin Kemasukan Air

    Tangki bensin seharusnya hanya berisi bahan bakar minyak sebagai bahan bakar untuk berkendara. Namun, bagaimana jika ada komponen lain selain BBM? di mana tangki bensin kemasukan air.

    Sehingga di dalam tangki bensin tidak hanya berisi bahan bakar, tetapi juga ada air yang tercampur. Tahukah Anda apa dampak yang bisa disebabkan air yang masuk ke dalam tangki bensin mobil Anda?

    Jika dibiarkan dalam waktu yang lama tentu tidak akan baik untuk keadaan mobil Anda. Anda bisa menyimak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja dampak air yang masuk ke dalam tangki bensin mobil Anda.

    3 Dampak Tangki Bensin Kemasukan Air

    Air masuk ke dalam tangki bensin bisa terjadi karena keteledoran kita sebagai pemilik kendaraan. Seperti tidak memastikan penutup tangki bensin sudah rapat atau belum ketika mencuci mobil, atau bahkan tanpa sengaja kita membeli BBM yang sudah tercampur air.

    Ada juga hal yang di luar kendali kita seperti air hujan yang merembes masuk ke dalam tangki bensin saat kita berkendara waktu hujan deras. Kini ada baiknya jika Anda mengenali dampak apa saja yang terjadi ketika air masuk ke dalam tangki bensin.

    Nah, berikut adalah tiga dampak dari tangki bensin yang  kemasukan air yang perlu Anda ketahui:

    • Keborosan Bahan Bakar

    Air yang masuk ke dalam tangki bensin membuat efisiensi bahan bakar mengalami penurunan. Dalam hal ini mobil menjadi lebih boros bahan bakar karena membakar lebih banyak bahan bakar dari biasanya untuk berkendara dengan jarak yang sama.

    Sehingga biaya operasionalnya pun turut meningkat. Anda perlu merogoh kocek lebih dalam lagi untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan Anda.

    Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengeluarkan air dari dalam tangki mobil beserta bahan bakar yang telah terkontaminasi. Kemudian Anda baru mengisinya dengan bahan bakar baru setelah memastikan sudah tidak ada air di dalam tangki bensin mobil.

    • Kerusakan pada Sistem Saluran Bahan Bakar

    Saluran bahan bakar mobil juga bisa rusak ketika ada air yang masuk ke dalam tangki bensin. Seperti pada selang bensin, karburator, dan pompa bensin. Karena air turut melewati ketiga komponen itu bersamaan dengan bahan bakar.

    Bila hal ini terjadi, maka kinerja mesin bisa menjadi tidak stabil dan mobil mengalami kemogokan. Tentu ini akan membuat Anda tidak nyaman di mana mobil tidak bisa melaju dengan lancar.

    Adanya air di dalam tangki dan mengganggu penyaluran bahan bakar membuat mobil Anda jadi sering mogok. Bila kondisi seperti itu dibiarkan terlalu lama, maka akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada mobil.

    • Korosi pada Tangki Bensin