Berita

    Cara Menggunakan Rem Mobil yang Tepat

    Penting untuk pengemudi mengetahui cara menggunakan rem mobil dengan benar agar perjalanan terasa lebih nyaman dan aman. Baik untuk penumpang maupun pengemudi lainnya. 

    Teknik pengereman pada mobil memang lebih tricky. Maka, para pengemudi perlu banyak latihan serta membiasakan diri agar bisa mengerem dengan benar dan tepat. Khususnya, bagi para pengemudi pemula. 

    Jadi, melalui ulasan ini, Anda akan mengetahui bagaimana teknik pengereman mobil yang benar tepat. Mari ikuti informasinya!

    Aturan Cara Menggunakan Rem Mobil

    Agar berkendara lebih aman, pastikan untuk mengikuti aturan dalam pengereman yang tepat. Ini langkah-langkahnya:

    • Rencanakan Aksi ke Depannya

    Saat berkendara, penting untuk memperhatikan kondisi jalanan sekitar. Tujuannya, agar Anda dapat merencanakan aksi pengereman kedepannya. 

    Alih-alih menginjak rem ketika saat di perempatan atau belokan, Anda bisa mengurangi kecepatan secara perlahan dari jauh sebelum benar-benar berhenti. Dengan begitu, Anda juga tidak perlu menginjak dan melepas bagian pedal rem secara berulang. 

    Agar bisa membuat rencana pengereman yang efektif, Anda perlu melakukan adalah sebagai berikut: 

    • Memindai jalan di bagian depan dengan seksama;

    • Perhatikan hal yang dilakukan oleh pengemudi lain supaya Anda bisa segera bereaksi ketika ada perubahan jalur secara mendadak, adanya kecelakaan, atau ada perlambatan;

    • Manfaatkan metode pivot agar bisa mencari posisi pengereman yang benar. 

    • Hindari Mengerem Secara Berlebihan di Area Tanjakan

    Jalur yang menanjak membutuhkan perhatian khusus dalam pengereman. Agar tidak membuat rem gampang rusak atau berkurang efektivitasnya, pastikan untuk Anda menghindari teknik mengerem yang berlebihan. 

    Untuk mengurangi beban sewaktu mengerem di area tanjakan, gunakan gigi rendah. Dengan begitu, perjalanan Anda akan lebih aman. Kondisi mobil pun cenderung lebih stabil ketika harus menanjak atau menurun. 

    • Ikuti Three-second Rule

    Dalam tata cara menggunakan rem mobil, ada aturan three-second yang umum dipakai. Dalam aturan tersebut, Anda harus memilih objek tidak bergerak yang ada di sekitar misal bangunan, tanda jalan, atau mobil yang terparkir. Kemudian, hitung hingga tiga dalam hati. 

    Bila Anda berhasil melewati objek tersebut sebelum mencapai posisi objek yang ketiga, maka Anda harus mulai mengurangi kecepatan dan memberi jarak. 

    Tujuan dari aturan three-second adalah untuk memberikan jarak aman antara mobil Anda dengan pengemudi lainnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan pengereman mendadak secara berulang. Rem pun tidak akan mudah aus. 

    • Responsif dengan Kondisi Lalu Lintas yang Berubah-ubah

    Selama berkendara di jalanan yang padat maupun lapang, Anda harus selalu responsif dengan kondisi jalan yang mudah berubah-ubah. 

    Dengan begitu, Anda akan terhindar untuk melakukan pengereman mendadak yang bisa memperpendek masa pakai rem. 

    Saat melihat kondisi jalanan di depan yang menuntut Anda untuk mengerem, Anda bisa melepaskan tekanan di pedal gas secara perlahan dan membiarkan kecepatan mobil berkurang secara perlahan.

    Tindakan tersebut dapat membantu Anda dalam mengurangi risiko pengereman mendadak yang bisa membahayakan pengemudi lain yang ada di belakang. 

    • Perhatikan Beban yang Anda Muat

    Banyaknya muatan yang diangkut mobil akan mempengaruhi waktu dan jarak yang dibutuhkan saat melakukan pengereman. Semakin banyak bebannya, semakin panjang pula jarak yang dibutuhkan. 

    Maka, saat Anda bepergian dengan membawa banyak muatan, Anda perlu mempertimbangkan kapan harus melakukan pengereman ketika ada kondisi tidak terduga di depan. 

    Pastikan pula untuk selalu meningkatkan kewaspadaan serta memberikan jarak aman saat membawa muatan yang berlebih dari biasanya. Agar Anda dapat mengantisipasi jika harus mengerem mendadak dan tidak membahayakan pengemudi lainnya. 

    Nah, itulah lima cara menggunakan rem mobil yang benar dan perlu Anda pahami agar berkendara pun lebih nyaman dan aman untuk pengguna jalan lainnya.