Berita

    Cara Mengatasi Velg Mobil Berkarat

    Velg mobil menjadi komponen yang memiliki kesempatan untuk mengalami karat lebih tinggi. Hal tersebut dapat saja diakibatkan karena velg mobil sering terkena air, debu dan perubahan cuaca di luar mobil.

    Masalah velg mobil berkarat dapat berakibat pada berkurangnya fungsi dan estetika komponen tersebut. Maka dari itu, mengetahui cara mengatasi velg mobil yang karatan wajib Anda pahami. Simak ulasannya berikut ini!

    5 Cara Jitu Mengatasi Masalah Velg Mobil Berkarat

    Mengatasi velg yang berkarat sebenarnya mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Namun, sebenarnya hal terpenting dari mengatasinya adalah mencegahnya. Sehingga sebaiknya Anda disarankan untuk rutin membersihkan mobil setiap hari.

    mencuci velg mobilFreepik.com

    Apabila muncul noda karatan yang membandel, suka tidak suka maka Anda wajib untuk mengatasinya, bukan? Berikut ini cara jitu mengatasi velg mobil yang bermasalah, yaitu:

    • Gunakan Pasta Gigi

    Cara mengatasi velg mobil yang karatan dengan mudah dan menggunakan alat yang ada di rumah adalah memanfaatkan pasta gigi. Alat satu ini dapat secara efektif membersihkan karat pada velg mobil Anda. Langkah-langkah membersihkan velg dengan menggunakan pasta gigi juga mudah.

    Pertama, Anda bersihkan velg dari debu dan kotoran menggunakan air hingga bersih. Lalu, aplikasikan pasta gigi ke bagian velg yang berkarat dan gosok dengan lembut. Setelah itu, Anda bersihkan pasta gigi dari permukaan velg dengan air.

    • Memanfaatkan Aluminium Foil

    Memanfaatkan aluminium foil menjadi cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi velg mobil yang berkarat. Cara menggunakan alumunium foil adalah membersihkan permukaan velg dengan air bersih. Kedua, Anda mengambil selembar alumunium foil yang sudah dilumuri air.

    Lalu, gosokkan alumunium foil tersebut pada permukaan velg yang berkarat dengan halus, namun tegas. Setelah Anda merasa berkurang karatan di permukaan velg, bersihkan dengan kain yang lembut.

    • Gunakan Cairan Autosol

    Cara jitu ketiga yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan cairan autosol. Cara satu ini lebih mahal dibandingkan dua cara sebelumnya. Karena cairan autosol merupakan cairan yang khusus digunakan untuk metal polisher.

    Anda dapat membeli cairan ini di marketplace atau toko onderdil mobil dengan berbagai ukuran dan harga. Cara pemakaiannya cukup gosokkan cairan tersebut ke permukaan velg yang berkarat. Gosok dengan lembut hingga permukaan yang berkarat hilang.

    • Gunakan Air Soda

    Mengatasi velg mobil berkarat keempat adalah menggunakan air soda. Namun, Anda tidak boleh menggunakan air soda pemanis. Karena air soda yang disarankan adalah air soda murni. Cara dan langkah pemakaiannya hampir sama seperti menggunakan cairan autosol.

    Anda hanya cukup menyiram permukaan velg yang berkarat dengan air soda. Lalu, gosok secara perlahan sampai bagian yang berkarat memudar atau hilang. Setelah itu, Anda membilas permukaan velg dengan air sampai bersih.

    • Cuci Mobil Secara Rutin

    Cara terakhir yang tidak kalah efektif adalah mencuci mobil secara rutin. Dapat diketahui bahwa munculnya karatan pada mobil dapat diakibatkan dari berbagai faktor, misal velg terkena kotoran dan debu yang kasar, velg terkena tanah dan genangan air dan sebagainya.

    Maka dari itu, lakukan pencucian mobil secara rutin terutama pada musim hujan dapat mengatasi dan mencegah velg mobil Anda berkarat. Jika velg mobil sudah berkarat, tentu kemulusan dan nilai estetika velg mobil Anda akan berkurang.