Berita

    Mobil Anda Susah Distarter? Ini Cara Mengatasinya

    Terkadang pemakaian mobil tidak bisa berjalan seperti seharusnya. Bisa saja mobil susah distarter dan membuat kita tidak bisa menggunakannya seperti biasa. Tentunya kondisi ini terjadi karena penyebab tertentu yang penting untuk diketahui. 

    Pada kondisi ini mesin mobil Anda akan sulit untuk menyala. Saat mesin dinyalakan, biasanya hanya akan muncul suara namun tidak sampai berbunyi seperti seharusnya. Mari cari tahu apa saja yang memicu kondisi ini dan bagaimana cara mengatasinya. 

    Faktor-Faktor yang Menyebabkan Mobil Susah Distarter

    Tentu saja setiap masalah pada mobil selalu dipicu oleh suatu penyebab. Ketidakberhasilan proses menyalakan mesin mobil ini juga diakibatkan oleh beberapa faktor. Berikut ini beberapa penyebab mobil Anda jadi susah dinyalakan:

    • Masalah pada Busi

    Adanya masalah pada busi bisa memicu terjadinya kegagalan starter mobil. Hal ini bisa terjadi karena kerusakan pada busi maupun tumpukan kotoran yang membuat busi tidak bekerja optimal. 

     

    busi mobilFreepik.com

    Kotoran pada busi sebenarnya cukup mudah untuk dihilangkan. Anda bisa menggosok busi dengan memakai pembersih khusus busi agar komponen ini dapat kembali bekerja secara optimal. 

    • Aliran Bahan Bakar Tidak Lancar

    Kondisi ini juga bisa dipicu oleh adanya aliran bahan bakar yang tidak lancar. Jika aliran bahan bakar lancar dan terdistribusi sempurna maka mesin bisa menyala dengan mudah tanpa hambatan. 

    • Kerusakan pada Alternator

    Faktor lain pemicu mobil susah distarter adalah kerusakan pada bagian alternator. Ini merupakan komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke bagian aki sehingga mesin bisa menyala dalam kondisi normal.

    Saat alternator rusak, maka mobil tidak akan bisa menyala bahkan meskipun aki Anda dalam kondisi yang prima. Jadi pastikan untuk memeriksa kondisi alternator terlebih dahulu jika aki dalam kondisi bagus namun mesin susah menyala. 

    • Overheat pada Koil

    Kondisi overheat pada koil juga bisa menjadi faktor yang memicu mesin susah untuk dinyalakan. Saat terjadi kerusakan koil atau overheat, maka arus listrik ke aki dan busi tidak bisa sampai secara optimal jadi mesin susah menyala. 

    • Masalah pada WTS

    Bagian lain yang bisa menjadi penyebab mobil susah distarter  adalah WTS atau Water Temperature Sensor. Namun kerusakan bagian ini sulit terdeteksi dan perlu diperiksa langsung oleh mekanik di bengkel. 

    Cara Mengatasi

    Lalu apa yang bisa dilakukan jika mesin mobil susah distarter? Tentu saja solusinya harus sesuai dengan penyebab atau masalah yang terjadi. Pertama-tama periksalah dahulu aliran bahan bakar pada mobil Anda. 

    Aliran bahan bakar adalah sistem yang sangat penting dan berpengaruh pada proses menyalanya mesin mobil. Selanjutnya Anda bisa mengambil solusi langsung ke bagian atau komponen yang bermasalah. 

    Jika masalah terdapat pada bagian busi maka segera cek kondisinya. Bersihkan busi atau gantilah dengan yang baru jika memang kondisinya sudah tidak bisa dipertahankan lagi. 

    Lakukan hal yang sama pada bagian alternator dan koil. Jika mesin susah menyala karena koil terlalu panas maka Anda perlu segera melakukan tindakan. Apalagi jika koil sudah gosong atau bahkan terbakar. 

    Servis atau pemeriksaan rutin sangat dibutuhkan dalam hal ini. Melalui langkah tersebut Anda bisa mengetahui apakah ada komponen mobil yang kotor atau rusak. Perbaikan dapat dilakukan lebih awal untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.