Website Resmi Sejahtera Buana Trada - Jabodetabek

Berita

Kumpulan informasi terbaru dari Suzuki hingga tips dan trik berkendara ada disini.

    Banner Image Mobile Banner Image

    Kunci Momen, Senjata Untuk Pastikan Kekencangan Baut

    Meski merupakan alat yang cukup penting untuk merawat kendaraan, tidak banyak orang yang memiliki kunci momen. Kunci jenis ini umumnya hanya dimiliki oleh bengkel kendaraan karena memang dibutuhkan untuk mengunci berbagai benda.

    Tak heran bila banyak orang yang mengetahui kunci momen dan paham apa fungsinya. Kunci momen juga dikenal sebagai torque wrench atau kunci torsi, alat ini sangat berguna untuk mengukur kekencangan pada baut atau mur.

    Fungsi kunci momen paling utama adalah mengencangkan baut atau mur ketika ingin dikunci lebih kuat. Biasanya untuk permulaan mengencangkan baut hanya menggunakan kunci biasa, seperti ring, soket dan sebagainya. Namun untuk pengencangan tahap akhir baru menggunakan kunci momen. Tentunya sesuai dengan nilai kekuatan gaya puntir baut.

    Mur atau baut sebenarnya sudah disertai dengan nilai kekencangannya masing-masing, namun tidak semua baut dan mur yang dipasangkan dengan erat itu bagus. Di beberapa keadaan, ada juga ditemukan baut dan mur yang justru mengalami kerusakan jika dipasang terlalu erat.