Berita

    Waspada, Ini Efek Buruk Sering ke Salon Mobil

    Selain rutin dicuci, pemilik biasanya tak segan membawa ke salon mobil agar tampilan eksterior dan interior mobil tampak semakin mengkilap. Imbasnya, mobil akan selalu terlihat seperti baru dibeli. 

    Saat dibawa ke salon untuk mobil, kendaraan Anda akan diberikan beberapa tindakan, seperti cleaning, detailing, coating, maupun fogging dan fumigator untuk memberikan efek mengkilap, bersih, dan wangi pada mobil.

    Namun jika terlalu sering melakukan perawatan, dampak buruk justru akan mengintai mobil Anda. Berikut ini adalah efek sering ke salon mobil yang membuat Anda harus lebih waspada.

    • Lapisan cat eksterior dan interior mobil akan menipis

    Perlu diketahui bahwa mobil akan diolesi cairan khusus untuk memberikan efek mengkilap saat dilakukan perawatan ke salon mobil.Selain memberikan efek mengkilap, cairan ini berfungsi untuk menjaga cat mobil dari paparan sinar matahari dan hujan.

    Akan tetapi, cairan ini rupanya bersifat abrasif dan bisa mengikis permukaan cat  eksterior dan interior mobil. Penggunaan yang terlalu sering pada mobil dapat mengakibatkan pernis cat akan semakin menipis.

    • Mobil terlihat cepat kusam

    Selain diolesi cairan khusus, mobil juga akan mendapatkan tindakan lain, seperti waxing. Tujuan dilakukannya polishing adalah untuk mengikis kotoran dan cat yang terkelupas pada bagian permukaan mobil.

    Namun melakukan polishing terlalu sering dapat membuat permukaan cat mobil akan terkikis hingga menjadi semakin menipis. Mobil pun akan terlihat cepat kusam karena tidak mampu melindungi permukaannya secara maksimal saat terkena pantulan sinar matahari.

    • Permukaan mobil tidak rata

    Tindakan polishing memang bertujuan untuk mengikis kotoran pada cat mobil, tetapi jika dilakukan terlalu sering, permukaan mobil bisa saja berlubang. Adanya cairan yang bersifat abrasif untuk mengkilapkan mobil juga akan semakin memperparah.

    Maka dari itu, semakin sering ke salon maka permukaan mobil Anda bisa menjadi tidak rata.

    • Boros pengeluaran

    Setiap penyedia jasa salon mobil memang memasang harga yang berbeda-beda untuk setiap tindakan pada mobil Anda. Akan tetapi, rata-rata biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan cleaning adalah sebesar Rp 500.000. 

    Jika Anda menambahkan detailing, coating, atau bahkan fugging & fumigator, maka Anda harus siap mengeluarkan biaya mulai dari Rp 2.500.000 hingga Rp 5.000.000.