Berita

    Odometer : Pengertian, Jenis dan Fungsinya

    Pada dashboard mobil tentu Anda sering menjumpai beberapa panel indikator berupa angka, salah satu dari panel tersebut ada odometer. Alat ini sendiri memiliki fungsi yang sangat penting untuk mobil Anda. Lalu, seberapa penting alat ini dan apa saja fungsinya? yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

    Apakah Odometer itu?

    Indikator ini sendiri adalah salah satu alat ukur yang berfungsi untuk mengukur seberapa jauh jarak yang sudah ditempuh oleh kendaraan Anda dari pertama kali pemasangan meteran. Indikator ini berada dekat dengan speedometer dan biasanya memakai satuan km atau kilometer.

    Alat ini memiliki tiga bagian yaitu sensor, drive dan layar. Sensor ini dipasang berdekatan dengan bagian roda mobil sehingga berapapun jumlah roda berputar akan dihitung oleh alat ini. Jadi baik ketika mobil Anda mundur maupun maju akan diakumulasikan menjadi jarak tempuh.

    Cara membacanya yaitu misal pada layar tertera 998665. Itu artinya mobil Anda sudah menempuh sebanyak 998.665 km.

    Macam-Macam Odometer

    Ada dua jenis pengukur jarak yang bisa dipasang pada mesin kendaraan, yaitu sebagai berikut :

            1. Mekanik

    Jenis mekanik merupakan pengukur yang memakai kabel penggerak yang terhubung dengan gearbox. Kabel tersebut akan berputar seiring dengan pergerakan mobil Anda kemudian akan dihitung oleh penghitung mekanis.  

    Hasil perhitungan akan muncul berbentuk angka dalam kotak-kotak pada layar yang berubah sesuai gerakan mobil.

            2. Elektronik

    Jenis yang kedua yaitu ada pengukur jarak elektronik. Jenis ini sebenarnya hampir sama dengan mekanik, perbedaanya yaitu pada tampilan indikator dan sistem yang digunakan. Pada jenis ini jarak langsung ditampilkan dalam bentuk angka-angka di layar.

    Adapun sistem yang digunakan yaitu memakai sistem komputerisasi dan magnet yang dipasang pada roda mobil. Ketika magnet melewati sensor maka jarak angka yang berada di layar akan diperbarui.

    Fungsi Odometer

    Selain berfungsi untuk mengukur jarak yang sudah ditempuh oleh suatu kendaraan, pengukur jarak ini juga memiliki beberapa fungsi lain diantaranya yaitu:

            1. Pertimbangan Mobil Bekas

    Mobil bekas menjadi salah satu solusi untuk membeli mobil dengan harga yang lebih terjangkau. Ketika membeli mobil bekas, jarak tempuh kendaraan bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan harga mobil yang akan dibeli sebab jarak tempuh juga mempengaruhi usia dan performa mobil.