Berita

    Nyetir Mobil Saat Hujan? Perhatikan Dulu Hal Ini

    Memasuki musim hujan, saat mengemudi mobil sebaiknya lebih berhati-hati agar terhindar dari kecelakaan. Tak jarang, karena hal sepele yang luput dari perhatian menjadi potensi sebagai faktor penyebab kecelakaan.

    Untuk itu, berikut hal-hal yang harus diperhatikan :

     

    1. Perhatikan Wiper dan Kaca.

    Mulai yang dari dasar. Suzuki Family perlu memperhatikan elastisitas wiper, karena jika sudah berdecit, artinya karet wiper sudah keras. Wiper yang lembut jelas mempengaruhi efektivitas dalam mengusir air dari kaca, hal tersebut akan mencegah kaca tergesek hingga menimbulkan goresan yang susah untuk dihilangkan. Kebersihan kaca juga menjadi kunci dapat melihat jelas meski saat hujan deras. Untuk tambahan, bisa juga menggunakan  perawatan kaca mobil, agar terbebas dari jamur, kerak dan air hujan tidak menempel dipermukaan kaca mobil.

     

    2. Cek Lampu, Rem, dan Ban.

    Komponen-komponen ini jelas penting adanya. Jarak pandang yang berkurang saat hujan jelas membutuhkan lampu yang optimal, termasuk lampu hazard, sein, dan lampu utama. Selain itu, rem juga harus dipastikan berfungsi dengan baik, selalu cek rem sebelum berkendara. Selanjutnya, ban juga harus diperhatikan, karena ban yang aus dapat menimbulkan slip dan tergelincir saat hujan.

     

    3. Jaga Kebersihan Mobil

    Usahakan selalu mencuci dan membersihkan mobil sehabis berkendara di saat hujan, karena air hujan yang menempel dan tidak dibersihkan dapat menimbulkan jamur, serta karat pada mobil. Air hujan yang menempel biasanya juga lebih susah untuk dibersihkan jika didiamkan terlalu lama. Selain eksterior, bagian interior juga tidak kalah penting, terutama bagian karpet mobil. Saat Suzuki Family masuk kedalam mobil dalam kondisi hujan, otomatis karpet akan menjadi basah dan kotor, jika tidak segera dibersihkan akan menimbulkan jamur dan bau yang tidak sedap.

     

    4. Service secara teratur

    Selalu cek performa mobil, sangat dianjurkan buat Suzuki Family untuk service secara teratur di bengkel resmi Suzuki. Dengan service secara teratur, mesin dan komponen kelistrikan mobil dapat terjaga kondisinya, sehingga terhindar dari resiko mogok di tengah banjir dan  hujan.

     

    #tipsmusimhujan #paketservicemusimhujan

    #SBTJVjakarta #Suzuki