Berita

    Kunci Momen, Senjata Untuk Pastikan Kekencangan Baut

    Meski merupakan alat yang cukup penting untuk merawat kendaraan, tidak banyak orang yang memiliki kunci momen. Kunci jenis ini umumnya hanya dimiliki oleh bengkel kendaraan karena memang dibutuhkan untuk mengunci berbagai benda.

    Tak heran bila banyak orang yang mengetahui kunci momen dan paham apa fungsinya. Kunci momen juga dikenal sebagai torque wrench atau kunci torsi, alat ini sangat berguna untuk mengukur kekencangan pada baut atau mur.

    Fungsi kunci momen paling utama adalah mengencangkan baut atau mur ketika ingin dikunci lebih kuat. Biasanya untuk permulaan mengencangkan baut hanya menggunakan kunci biasa, seperti ring, soket dan sebagainya. Namun untuk pengencangan tahap akhir baru menggunakan kunci momen. Tentunya sesuai dengan nilai kekuatan gaya puntir baut.

    Mur atau baut sebenarnya sudah disertai dengan nilai kekencangannya masing-masing, namun tidak semua baut dan mur yang dipasangkan dengan erat itu bagus. Di beberapa keadaan, ada juga ditemukan baut dan mur yang justru mengalami kerusakan jika dipasang terlalu erat.

    Dalam kondisi inilah kunci torsi sangat diperlukan. Dengan kunci torsi, mur dan baut dapat terpasang dengan baik dan sesuai, tidak terlalu kendor atau terlalu erat. Berkat kunci tersebut, tingkat kekencangan keduanya tidak juga dapat menyebabkan baut atau mur ulir sehingga dol atau bahkan patah.

    Setidaknya saat ini ada enam jenis kunci momen yang umumnya digunakan untuk merawat kendaraan.  Keenam kunci momen tersebut adalah kunci momen bending beam, kunci momen micrometer clicker, kunci momen dial indicator, kunci momen pneumatic, kunci momen digital dan kunci momen hidrolik.

    Dan berikut adalah fungsi-fungsinya.

    • Kunci momen bending beam,

    Kunci momen ini memiliki penunjuk angka jarum dengan satuan Nm. Termasuk mudah untuk digunakan dengan memposisikan jarum ke posisi “0”. Namun kelemahan dari jenis kunci momen ini adalah harus dibaca secara seksama agar tidak salah. Mengapa bisa begitu? Karena posisi baca ideal kunci momen ini adalah tegak lurus dengan jarum. Inilah yang membuatnya menjadi kurang akurat dibandingkan jenis lainnya.

    • Kunci momen micrometer clicker

    Kunci momen ini dapat diatur dengan menyetel ukuran kekencangan di bagian tangkai. Anda juga tidak perlu melihat skala saat proses pengencangan. Hanya perlu mendengar bunyi klik, maka pengencangan telah sesuai. Hasilnya lebih akurat dengan kualitas terjaga. Namun Anda harus melakukan kalibrasi secara teratur agar hasil pengencangan tetap maksimal.

    • Kunci momen dial indikator