Berita

    Ketahui Suku Cadang Mobil yang Wajib Diganti Rutin, Catat Bagiannya!

    Agar mobil tetap prima dan awet, suku cadang mobil wajib diganti secara berkala. Di dunia otomotif, suku cadang merupakan istilah umum. Ini adalah komponen yang punya peran krusial dalam kendaraan.

    Penggunaan suku cadang yang asli dan perawatan yang baik membuat performa mobil maksimal dan awet. Itulah sebabnya, jangan sembarangan memilih suku cadang.

    Jenis-Jenis Suku Cadang Mobil

    Suku cadang mobil ada banyak jenisnya. Berikut ini beberapa jenis suku cadang yang sering Anda jumpai di pasaran.

    • Original Equipment Manufacturer atau OEM

    OEM merupakan istilah untuk menyebut produk asli buatan pabrik. Produk orisinil sudah terjamin kualitasnya. Biasanya, produk orisinil diproduksi oleh perusahaan lain yang ditunjuk oleh manufaktur utama.

    Meskipun produksinya dikerjakan oleh perusahaan lain, tapi suku cadang ini termasuk asli dan sesuai dengan standar yang diterapkan oleh manufaktur.

    • Suku Cadang Aftermarket

    Suku cadang aftermarket atau non pabrikan merupakan istilah yang merujuk pada suku cadang yang diproduksi kebutuhan tertentu. Itu sebabnya, suku cadang ini bukan untuk kebutuhan normal kendaraan.

    • Suku Cadang KW

    Istilah KW sering kali dikaitkan dengan produk palsu. suku cadang KW tidak diproduksi oleh manufaktur yang ditunjuk. Itulah sebabnya kualitas dan keamanannya tidak terjamin.

    Berbagai Jenis Suku Cadang Mobil Wajib Diganti Rutin

    Saat Anda memiliki mobil, pastikan Anda menggunakan suku cadang berkualitas bagus dan terjamin keamanannya. Berikut ini beberapa suku cadang mobil wajib diganti.

    • Oli Mesin dan Filter Oli

    Oli mesin dan filternya adalah suku cadang mobil yang wajib diganti lantaran durasi penggunaannya yang cepat. Oli mesin berguna untuk melumasi dan melindungi bagian dalam mesin, sehingga menghindari gesekan komponen di dalamnya. Sementara itu, filter mobil gunanya untuk menyaring kotoran dan karbon hasil gesekan mesin

    • Filter Udara

    Kekuatan filter udara sangat singkat meskipun Anda rutin membersihkannya. Filter udara yang kotor atau rusak akan menghambat suplai udara ke ruang pembakaran mobil. jika mobil sudah mencapai 4.000 KM, filter udara wajib diganti

    • Busi

    Bentuk suku cadang ini memang kecil, tapi perannya besar dalam menopang performa mobil. Maka dari itu busi menjadi salah satu suku cadang mobil wajib diganti secara rutin.