Berita

    Ketahui Cara Mengisi Freon AC Pada Mobil yang Benar.

    Seperti yang kita ketahui, Freon AC mobil menjadi salah satu komponen penting yang harus diperhatikan. Bahkan, pengisiannya juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Karena, kesalahan  dalam pengisian Freon bisa menyebabkan kerusakan AC dan nantinya membuat suhu kendaraan tidak sedingin seperti biasanya. 

    Sebenarnya, pengisian Freon ini tidak harus selalu dilakukan di bengkel, karena mengisi Freon AC mobil dapat dilakukan di rumah. Freon sendiri merupakan sebuah komponen yang mendukung kerja AC agar dapat mendinginkan kabin. 

    Komponen ini berbentuk gas serta mudah menguap di udara, sehingga kondisinya harus diperhatikan terus menerus. Freon yang habis dapat menyebabkan AC tidak bisa mengeluarkan udara yang dingin. 

    Persiapan Pengisian Freon AC Mobil

    Bila ingin mengisi Freon sendiri, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

            1. Kosongkan Freon

    Sebelum kembali mengisi Freon, Anda harus mengosongkan Freon lama terlebih dahulu. Langkah ini dilakukan agar Freon baru tidak tercampur dengan Freon lama. Pencampuran Freon baru dan lama dapat mempengaruhi kinerja AC. Pengosongan Freon uni dapat dilakukan dengan memasang alat manometer. 

            2. Bersihkan Freon yang Masih Tersisa

    Walaupun sudah mengosongkan Freon yang lama, pastikan tetap membersihkan AC agar bisa memastikan tidak terdapat sisa uap yang berasal dari Freon yang menempel. Anda dapat menggunakan mesin vakum agar bisa membersihkannya. 

    Mesin vakum dapat menghilangkan sisa uap air yang tersisa di AC mobil. Sisa uap yang tidak dibersihkan ini bisa membuat pembekuan Freon di sistem AC menjadi lebih cepat. 

            3. Berikan Pelumas

    Jika sudah memastikan Freon dalam keadaan bersih, Anda bisa mulai memberikan pelumas. Pelumas penting diberikan sebelum pengisian Freon agar meminimalisir kerusakan kompresor AC. 

    Anda dapat menuang oli pelumas 5 hingga 10 cc di dalam kompresor AC dengan menggunakan gelas ukur. Langkahnya, masukkan selang yang masih terhubung dengan vakum gelas ukur. 

    Kemudian, buka katup dengan tekanan yang rendah, sedikit demi sedikit, sehingga nantinya pelumas akan masuk perlahan di dalam kompresor AC. 

            4. Lakukan Pengisian Freon Baru

    Jika persiapan sudah dilakukan, Anda dapat mengisi Freon baru. Saat melakukan pengisian, AC harus mati, proses pengisian bisa dilakukan di saluran tekanan rendah dan tekanan tinggi. 

    Cara Isi Freon AC Mobil