Berita

    Kenali Fungsi Bushing Arm Pada Mobil & Ciri Kerusakannya

    Untuk yang belum tahu, bushing arm merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang berada pada kaki-kaki mobil. Bentuknya berbentuk selongsong besi yang dilengkapi dengan karet.

    Setiap pemilik mobil pada dasarnya harus mengenal komponen ini. Pasalnya, jika terjadi kerusakan pada komponen tersebut, maka akan berakibat fatal dan berbahaya pada keselamatan jiwa.

    Mengenal Fungsi Bushing Arm

    Selongsong besi yang terletak pada kaki-kaki mobil ini berfungsi sebagi titik tumpu roda pada pencengkramannya. Karet yang ada di dalam selongsong besi tersebut merupakan komponen penting juga yang bisa memaksimalkan fungsi dari bushing arm.

    Komponen ini juga berfungsi untuk meredam getaran, baik itu getaran yang ditimbulkan oleh mesin maupun pergesekan pada komponen atau mesin mobil.

    Ciri Bushing Arm yang Mengalami Kerusakan

    Untuk menjaga keselamatan saat berkendara, ketahuilah ciri-ciri selongsong besi pada kaki-kaki mobil ini yang mengalami kerusakan. Ada beberapa ciri-ciri yang harus Anda kenali. Berikut apa saja ciri-cirinya.

    1.  Terdengar Bising  

    Bushing yang sudah berusia lima tahun dan sudah melalui medan yang tidak rata maupun bergelombang sudah harus segera Anda perhatikan. Pasalnya, kinerja yang terlalu berat akan membuat komponen ini menjadi cepat rusak.

    Salah satu tandanya yaitu bisa kita ketahui dari suara berisik yang dihasilkan. Hal tersebut dikarenakan bushing sudah tidak mampu meredam getaran dan menjaga kinerja kaki mobil.

    Bising pada kolong mobil bisa menjadi salah satu pertanda komponen ini bermasalah. Suara bising yang dihasilkan juga akan mengganggu kenyamanan saat Anda berkendara.

    2.  Keluar Suara Mendecit di Bagian Jok Depan

    Selain suara yang bising, bushing arm yang bermasalah juga ditandai dengan adanya suara mendecit pada jok depan. Suara decitan tersebut disebabkan oleh mesin yang beradu pada bagian bawah jok depan.

    Jika Anda membiarkan suara decitan ini, semakin lama suaranya akan semakin terasa. Kondisi ini juga disebabkan oleh karet pada selongsong besi yang mulai rusak atau retak.

    Untuk memastikannya, Anda bisa mengeceknya sendiri. Caranya adalah melihat bagian tersebut saat mencuci mobil di tempat pencucian mobil hidrolik.

    3.  Mobil Oleng Pada Saat Digunakan