Berita

    Fungsi Kunci Pas Ring: Cara Penggunaan & Perbedaanya

    Ingin Tahu Fungsi Kunci Pas Ring? Cek Di Sini!

    Ada banyak perlengkapan di bengkel yang dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada kendaraan. Seperti berbagai macam varian kunci yang biasa difungsikan untuk memasang atau melepas baut. 

    Fungsi Kunci pas atau kunci ring tentunya berbeda, serupa dengan bentuknya yang tidak sama. Akan tetapi, di pasaran banyak juga tersedia kombinasi dari keduanya, yang mana bagian satu berbentuk kunci ring dan satunya berupa kunci pas. 

    Kunci ring mempunyai desain heksagonal pada bagian rahang. Ini bertujuan untuk memudahkan dalam penggunaan pada sisi-sisi yang letaknya di bagian tersembunyi serta cukup sempit. Standar ukurannya dimulai dari 6, 7, 8, 9 hingga seterusnya. Dari sisi sudut untuk pemutaran, biasanya dari sudut 15 derajat, 30 derajat, serta 45 derajat. 

    Keunggulan Kunci Pas Ring

    Kunci pas memiliki bentuk serupa huruf U atau taring yang melengkung. Kunci pas fungsinya untuk membuka di bagian awal atau mengencangkan mur dan baut pada bagian akhir hingga memperoleh momen torsi yang cukup pas. 

    Sedangkan kunci ring berbentuk bulat seperti cincin yang mana memiliki kegunaan untuk menjepit mur atau baut di tengah-tengahnya. Kemudian, momen untuk memutar baut atau mur agar lepas pun lebih mudah. 

    Lebih Dekat Kenali Perbedaan Fungsi Kunci Pas dan Kunci Ring

    Antara kunci pas maupun kunci ring, memiliki perbedaan dari beberapa hal seperti bentuk, kegunaan, serta tingkat kecepatan untuk membuka atau mengencangkan. 

    • Bentuk antara Kunci Pas dan Kunci Ring

    Kunci pas memiliki bukaan berbentuk U yang menahan dua permukaan berlawanan dari baut atau mur. Kunci pas sering berujung ganda dengan bukaan ukuran berbeda di setiap ujungnya. Ujung biasanya bervariasi menurut satu kenaikan ukuran, misalnya 1/2" dan 9/16". 

    Sedangkan kunci ring memiliki kepala tertutup yang mencengkeram semua permukaan baut atau mur. Fitur ini memberikan pengaruh yang lebih besar dan kemungkinan selip yang lebih kecil dibandingkan dengan kunci pas yang mempunyai ujung terbuka.

    Kunci ring tersedia dengan kepala 6 titik atau 12 titik untuk digunakan dengan kepala mur atau baut dengan bentuk heksagonal. Ada juga kunci ring 8 titik untuk mur dan kepala baut berbentuk persegi.

    • Tingkat Kecepatan untuk Mengencangkan atau Membuka 

    Kunci pas yang memiliki ujung terbuka relatif lebih cepat dan mudah digunakan lantaran bisa dipakai dari berbagai posisi mur atau baut. Sedangkan untuk kunci ring, harus dimasukkan dari atas dan akan mengalami kesusahan ketika tidak ada cukup ruang untuk memasukkan kunci ring dari atas.